Ulasan Beragam Suara Burung

Mengapa burung berkicau? Menurut beberapa penelitian, kombinasi kicauan burung merupakan upaya burung jantan menarik perhatian burung betina. Pada musim kawin, kicauan burung jantan menjadi sangat luar biasa. Seekor burung dapat berkicau lebih dari 2300 kicauan dalam satu hari. Berikut beragam suara burung yang banyak dijumpai di wilayah Indonesia yakni:

  1. Burung Jalak Suren, burung ini peka terhadap keadaan disekelilingnya. Efek suara yang dihasilkannya berupa suara yang keras dan bervariasi, seperti teriakan, suara sumbang, dan suara riang. Keuntungan pemeliharaan burung Jalak Suren layaknya memiliki anjing penjaga rumah. Burung ini dapat ditemukan dihampir seluruh wilayah Indonesia, terutama pulau Sumatera, Jawa, serta Bali. Burung Jalak Suren pun tersebar dibeberapa negara Asia seperti Thailand, Bangladesh, Bhutan, Kamboja, China, Myamnar, Laos, Nepal, India, dan Pakistan.
  2. Burung Poksay, burung ini berasal dari daratan China dengan suara yang merdu dan agak besar. Burung Poksay juga dapat menirukan suara kucing dan ayam. Biasanya burung ini bersuara pada pagi hari.
  3. Burung Murai Batu, burung berkicau ini merupakan burung yang cerdas dan berasal dari keluarga Turdidae. Burung ini dikenal sebagai salah satu burung penyanyi terbaik di dunia. Burung Murai Batu yang banyak dijumpai di wilayah Indonesia seperti burung Murai Batu Aceh, burung Murai Batu Medan, burung Murai Batu Lahat, burung Murai Batu Lampung, burung Murai Batu Jambi, dan burung Murai Batu Borneo.
  4. Burung Ciblek, ada dua jenis burung Ciblek yaitu Prinia Familiaris Familiaris dan Prinia Familiaris Olivaces. Jenis burung Ciblek Prinia Familiaris Familiaris bersuara keras, tajam, tebal yang merupakan kombinasi suara cicitan. Penyebaran jenis burung ini di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali. Sedangkan burung Ciblek jenis Prinia Familiaris Olivacesbersuara tipis atau samar. Kicauannya lebih menonjolkan jeritan panjang bernada satu oktaf dan tidak membentuk vokal. Burung Ciblek jenis ini tersebar di daerah Sumatera, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.
  5. Burung Cendet, burung ini memiliki kemampuan menirukan suara burung yang lain. Burung predator Cendet mempunyai variasi suara burung yang sangat baik. Suara burung ini bisa sangat keras namun tidak memekakkan telinga.
  6. Burung Bulbul, burung ini adalah anggota suku Merbah atau Pycnonotidae. Merbah adalah jenis burung pemakan buah-buahan dan serangga. Burung berkicau ini banyak terdapat di daerah tropis Asia dan Afrika. Ciri khas burung ini, yakni memiliki suara merdu dan nyanyian yang beraneka ragam.

Semoga artikel ulasan beragam suara burung di atas menambah wawasan Anda.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Nama Politik Disetiap Negara dan Sistemnya
Sebelumnya: Kocak Tapi Berbobot, Kesimpulan dari Film Wakil Rakyat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar