Berapa Jenis Kebudayaan Indonesia?


Indonesia adalah negeri yang besar, termasuk dari aspek kebudayaannya. Tahukah Anda ada berapa jenis kebudayaan Indonesia? Sebagai warga negara, kita harus mengetahui, merasa bangga, dan ikut melestarikan keanekaragaman kebudayaan Indonesia.

Keanekaragaman, Wisata Dan Warisan Budaya Indonesia

Keanekaragaman budaya Indonesia dapat tercipta karena Indonesia adalah negara yang dihuni oleh 235 juta jiwa, dari Sabang sampai Merauke yang berasal dari kurang lebih 1.128 etnis (Data BPS 2010) serta 583 bahasa dengan berbagai dialek. Masing-masing etnis memiliki keunikan budaya dan adat istiadat yang memiliki daya tarik berbeda satu dengan lainnya.

Wisata budaya di Indonesia tak akan ada habisnya. Tidak hanya wisatawan, Anda sebagai warga negara Indonesia pun akan takjub mengetahui terdapat 327 jenis tekstil asli nusantara, seperti tenun ikat, bordir, batik, dan songket. Selain itu, terdapat banyak upacara adat atau ritual yang hingga kini masih dilaksanakan yang juga dijadikan objek wisata, seperti Upacara Hindu Dharma di Bali, Perayaan Waisak di Candi Borobudur, Prosesi Sekaten di Yogyakarta, Festival Cap Go Meh di Singkawang, Perayaan Kematian di Tana Toraja, Festival Kasodo di Gunung Bromo, dan Festival Nyale di Lombok.

Warisan budaya Indonesia juga tampak pada banyaknya candi dan rumah adat, tarian tradisional, lagu, alat musik, musik, kerajinan patung, dan lain-lain. Kuliner Indonesia seperti rendang, sate, dan nasi goreng pun termasuk dalam daftar kuliner terenak di dunia.

Data dari BPS Indonesia menunjukkan Bali, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, dan Lampung adalah 11 provinsi yang paling banyak dikunjungi turis.

Tanggal 2 Oktober 2009, merupakan hari terpenting dalam sejarah kebudayaan Indonesia karena pada tanggal tersebut, Batik Indonesia diakui sebagai Warisan Budaya Dunia setelah sebelumnya Wayang Kulit dan Keris memperoleh pengakuan yang sama.

Pengakuan ini terus berlanjut ketika pada 18 November 2010, angklung diakui sebagai Warisan Budaya Dunia oleh Unesco. Lalu, pada 24 November 2011, Tari Saman Gayo Lues Aceh dikukuhkan oleh UNESCO sebagai List of Intangible Cultural Heritage in Need of Urgent Safeguarding.

Kini Anda tahu berapa jenis kebudayaan Indonesia yang ada di negeri tercinta ini. Namun, apa pun latar belakang etnis dan budaya Anda, ingatlah selalu Bhinneka Tunggal Ika dan mari hidup harmonis dalam keberagaman. Karena, keberagaman adalah keniscayaan di negeri ini.

Selanjutnya : Karakteristik Kumpulan Logo Mengenai Kepribadian Manusia dari Zodiaknya
Sebelumnya: Papan Skate Murah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar