Berapa Korban Tsunami Pangandaran 2006?

Berapa korban Tsunami Pangandaran 2006 sepertiya masih menyisakan luka bagi keluarga yang ditinggalkan, sehingga masih saja banyak pertanyaan mengenai kepergian korban-korban yang tewas dalam kejadian bencana alam tersebut.

Dalam beberapa berita yang disiarkan di media, terdapat keterangan bahwa jumlah korban Tsunami dan gempa yang terjadi di kawasan Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat pada tahun 2006 ini mencapai 500 orang dengan sebanyak 198 orang yang seluruhnya tewas ditemukan pada tanggal 18 Juli 2006 pukul delapan pagi hari.

Jumlah korban tersebut merupakan masyarakat yang berasal dari wilayah Kecamatan Pangadaran, yakni sebanyak 93 orang, korban lainnya berasal dari Kecamatan Cimerak sebanyak 24 orang, Kecamatan Cijulang sebanyak 25 orang, Kecamatan Parigi sebanyak 36 jiwa, Kecamatan Sidamulih sebanyak 15 orang, dan dari Kecamatan Kalipucung sebanyak lima orang.

Lalu, korban berikutnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada hari-hari berikutnya setelah kejadian tersebut berlangsung. Pihak yang menemukan jenazah korban gempa dan tsunami di wilayah Pangandaran ini adalah tim gabungan TNI yang ditugaskan untuk menyisir wilayah pantai untuk menemukan berapa banyak lagi korban yang saat itu ditemukan.

Beberapa puluh unit ambulans dikerahkan untuk mengevakuasi para jenazah korban yang tentu saja menjadi sumber kesedihan bagi keluarganya pada saat itu. Beberapa korban menangisi kepergian keluarganya dan sebagian lagi mungkin merasakan trauma yang mendalam akibat kejadian ini.

Semantara itu, jumlah pengungsi yang menjadi korban bencana alam tersebut juga mencapai puluhan ribu orang yang seluruhnya ditampung di beberapa tempat publik, seperti kantor polisi, sekolah-sekolah, balai desa, dan tempat atau sarana umum lainnya. Berbagai kejadian mengenaskan yang beberapa waktu lalu menimpa masyarakat Indonesia ini memperlihatkan bahwa terdapat kekurangan pendeteksian dan penanganan dalam menghadapi bencana gempa dan Tsunami.

Pihak pemerintah sebaiknya mengerahkan berbagai ahli di bidang ilmu geologi dan ilmu lainnya yang berkaitan dengan pendeteksian dan penanganan gempa, sehingga tidak ada lagi kejadian serupa yang menimpa wilayah perairan di Indonesia. Dengan demikian, pertanyaan mengenai berapa korban Tsunami Pangandaran 2006 dan wilayah lainnya tidak akan terjadi lagi di tahun-tahun berikutnya.

Loading...
Selanjutnya : Judul-judul Film Indonesia Kolosal
Sebelumnya: Hukum Agama dalam Memancing
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar