Berapa Lama Garansi Mesin Cuci Elextrolux Berlaku dan Syarat-syaratnya

Banyak orang yang menanyakan berapa lama garansi mesin cuci Elextrolux itu berlaku. Sebagai konsumen mereka memang memiliki hak untuk mengetahuinya. Namun perlu diketahui pula jika dalam pemberian garansi ini memuat beberapa aturan tertentu yang harus diperhatikan oleh para pengguna atau pemilik mesin cuci tersebut.

Lama Masa Kartu Garansi Mesin Cuci Elextrolux

Loading...

Mesin cuci merk Elextroluk terdiri dari dua macam yaitu Top Loading dan Front Loading. Untuk varian Top Loading, masa garansinya yaitu satu tahun. Sedangkan varian Frong Loading garansi berlangsung selama dua tahun. Khusus untuk Front Loading perangkat drum atau tabung cucinya diberlakukan garansi dalam waktu yang lebih lama lagi yaitu selama sepuluh tahun.

Namun untuk perangkat lainnya seperti penyaring kotoran, selang air dan aksesoris lainnya, baik untuk varian Top Loading serta Front Loading garansinya tidak diberlakukan. Sedangkan untuk semua jenis mesin cuci yang dipakai untuk keperluan komersial atau bisnis, jaminan garansi bagi semua perangkat dan suku cadangnya hanya berlaku selama satu kali saja.

Aturan Pemberlakukan Garansi

Agar bisa mendapatkan layanan garansi, pengguna mesin cuci Elextrolux harus bisa menunjukan kwitansi atau nota pembelian serta kartu garansi. Semuanya harus dalam keadaan asli kemudian ditunjukan pada teknisi atau petugas service Elextrolux.

Selain itu, kartu garansi dan nota pembelian tersebut harus diberi tanda tangan dan cap dari toko penjualnya. Dan yang lebih penting lagi kartu garansinya harus diisi dengan data-data yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dalam kartu garansi ini terdapat nomor seri produk. Jadi harus sesuai dengan mesin cuci yang akan digaransikan atau mau diservice.

Aturan lain yang perlu diperhatian, garansi atau jaminan service bisa dibatalkannya apabila dalam penggunaannya tidak sesuai dengan petunjuk yang diberikan di buku informasi. Demikian pula dengan kerusakan lain seperti karena kena suatu cairan atau binatang.

Selain itu kerusakan yang diakibatkan oleh bencana alam, gempa bumi, banjir, petir, kebakaran maupun peristiwa lain yang berada di luar jangkauan manusia juga tidak termasuk dalam garansi. Termasuk di dalamnya adalah jika terjadi perubahan tegangan listrik yang mengakibatkan mesin menjadi rusak.

Pemberlakukan garansi juga dapat menjadi batal jika setelah terjadi kerusakan lalu oleh pemilik melakukan reparasi perbaikan di tempat lain yang bukan merupakan pusat layanan resmi milik Elextrolux. Apalagi perbaikan ini justru menyebabkan kondisi dan keadannya mengalami banyak perubahan dan sudah tidak sesuai lagi dengan spesifikasi aslinya.

Sehingga meski konsumen atau pemakai boleh bertanya tentang berapa lama garansi mesin cuci Elextrolux berlaku, mereka juga harus mematuhi peraturan dan ketentuan yang ada. Namun yang lebih penting lagi adalah merawat dengan baik untuk menghindari terjadinya kerusakan. Apapun bentuk garansinya, yang namanya kerusakan tetap menimbulkan kerugian bagi pemakai tersebut.

Loading...
Selanjutnya : Definisi Kata-kata Mutiara yang Dibingkai
Sebelumnya: Bagaimana Menyiasati Ketimpangan Pendapatan Suami Istri?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar