Berapa Lama Masa Inkubasi Penyakit Malaria dalam Tubuh Manusia?


Berapa Lama Masa Inkubasi Penyakit Malaria dalam Tubuh Manusia?

Sebetulnya berapa lama masa inkubasi penyakit malaria dalam tubuh manusia? Penyakit malaria merupakan penyakit yang disebabkan parasite Plasmodiun yang berada dalam tubuh nyamuk.

Ketika seseorang digigit nyamuk dan plasmodiumnya masuk ke dalam tubuh kemudian mengalami demam, inilah yang disebut masa inkubasi penyakit malaria.

Masa inkubasi penyakit malaria ini berbeda-beda. Hal ini tergantung pada kekebalan tubuh penderita serta jenis spesies plasmodium yang ditularkan oleh nyamuk. Ada beberapa jenis plasmodium malaria, antara lain:

1.    Plasmodium vivak.

Yaitu penularan malaria yang paling sering terjadi. Plasmodium ini menyebabkan penyakit malaria vivaks atau malaria tertian. Biasanya seseorang yang tertular penyakit ini akan demam pada hari ketiga setelah digigit nyamuk. Masa inkubasi penyakit malaria ini sekitar 14 hingga 17 hari.

2.    Plasmodium falciparum

Plasmodium ini mudah resisten tarhadap pengobatan dan dapat menyebabkan komplikasi. Plasmodium ini menyebabkan penyakit malaria tropika atau malaria falsiparum.

Masa inkubasi penyakit ini sekitar 10 hingga 12 hari. Penderita penyakit ini umumnya  akan mengalami demam setiap 24 hingga 48 jam sekali.

3.    Plasmodium malariae

Plasmodium malariae ini dapat menyebabkan penyakit malaria guartana. Masa inkubasi penyakit ini sekitar 12 hingga 14 hari. Setiap hari keempat penderita akan mengalami demam tinggi.

4.    Plasmodium ovale

Plasmodium jenis ini banyak terdapat di Pasifik Barat dan Afrika. Di Indonesia, plasmodium ini terdapat di Irian dan Nusa Tenggara. Plasmodium ini menyebabkan penyakit malaria ovale yang dapat sembuh secara spontan tanpa adanya pengobatan apapun karena infeksi yang disebabkan paling ringan diantara penyakit malaria lain. Masa inkubasi penyakit ini sekitar 11 hingga 16 hari.

Demikianlah sedikit informasi tentang berapa lama masa inkubasi penyakit malaria dalam tubuh manusia. Penyakit malaria ini dapat dihindari dengan pola hidup bersih dan sehat. Hindari adanya genangan air yang bisa dijadkan sarang untuk nyamuk.

Selanjutnya : Berapa Jumlah Pemain Badminton?
Sebelumnya: Cara Memasak dan Mengolah Ayam Potong Aman Dikonsumsi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar