Berapa Lama Masa Nifas?


Berapa lama masa nifas sepertinya menjadi persoalan tersendiri bagi wanita, terutama yang akan dan sedang mengalami proses pasca melahirkan. Nifas sendiri sebetulnya merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi wanita setelah melahirkan, sehingga terdapat waktu yang renggang bagi rahim untuk melakukan usaha pemulihan agar dapat kembali pada kondisi semula. Akan tetapi, setiap orang memiliki kadar atau waktu yang berbeda untuk bisa melakukan proses pemulihan pada rahim dan alat reproduksi, sehingga tidak bisa ditentukan dengan pasti berapa lama waktu nifas yang sebenarnya.

Pada saat hamil, rahim dalam keadaan membesar, sehingga setelah melahirkan, rahim akan kembali mengecil dan berada pada ukuran semula. Proses ini berlangsung secara bertahap dengan keluarnya darah yang berlangsung terus-menerus selama berminggu-minggu. Darah yang keluar dari vagina tersebut mengandung sel-sel mati, sel-sel dinding rahim, dan trombosit yang membuat ibu melahirkan menjadi lebih pucat, lalu segar setelahnya. Beberapa tahapan yang terjadi selama masa nifas ini adalah sebagai berikut.

1. Lokia Kubra yang berlangsung selama tiga hari dari hari pertama setelah melahirkan dengan ditandai oleh keluarnya darah segar yang mengandung banyak kuman dari vagina.

2. Lokia Sanginoleta yang merupakan proses kedua dalam masa nifas dengan ditandai oleh keluarnya darah dari vagina yang berwarna merah dengan disertai lendir. Proses ini bisa berlangsung dalam satu atau dua minggu.

3. Lokia Serosa, yakni proses keluarnya cairan berwarna kuning kecokelatan dari vagina pada dua minggu atau satu bulan setelah proses melahirkan.

4. Lokia Alba, yakni proses keluarnya cairan berwarna kuning dan bening yang berlangsung selama dua minggu terakhir. Cairan yang berwarna bening ini menandakan bahwa proses pemulihan rahim dan alat reproduksi ibu dalam keadaan normal.

Berdasarkan tahapan tersebut, dapat disimpulkan bahwa rata-rata nifas terjadi dalam waktu 40 sampai 60 hari setelah melahirkan. Namun, berapa lama masa nifas berlangsung pada setiap orang tentu berbeda-beda, bergantung pada tingkat kesuburan dan stamina kesehatan masing-masing orang. Semoga uraian tersebut bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Berapa Suku Bangsa yang Ada di Indonesia?
Sebelumnya: Mengenal Titik Saraf pada Telapak Kaki
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar