Sejarah Berasal Dangdut

Musik dangdut termasuk salah satu dari genre musik yang cukup populer di Indonesia. Saking populernya, dangdut sering disebut sebagai musik rakyat. Dangdut yang didalamnya terkandung beberapa unsur musik, yakni india klasik, hindustan, melayu dan arab ini tidak hanya cocok sebagai hiburan dikala penat menghampiri, tapi juga membuat dunia ikut bergoyang. Meskipun begitu, banyak sekali artis yang berasal dangdut justru berpindah jalur ke genre musik yang lain, atau juga sebaliknya.

Alasan berpindah ke dangdut sih sudah jelas karena musik dangdut memiliki banyak peminat dan peluang pasarnya sangat bagus, lalu apa alasan penyanyi dangdut pindah ke jalur pop? Sebagian besar mengatakan jika persaingannya semakin sengit dan tidak sehat, sebagian yang lain mengatakan jika musik dangdut identik dengan goyangan seronok dan cenderung seksi. Sebelum membahas artis yang tadinya berasal dangdut kemudian berpindah ke jalur musik lainnya, yuk kita bahas lebih dalam tentang sejarah musik dangdut.

Musik Dangdut

Musik dangdut di Indonesia berawal dari munculnya musik Qasidah (musik islami) tahun 635 hingga 1600 dan gambus yang dipopulerkan oleh orang Arab pada tahun 1870 hingga 1888. Nah pada tahun 1930, mengalami perubahan menjadi musik gambus yang dipopulerkan orang keturunan Indonesia-Arab, yang bernama Syech Albar.

Nah pada tahun 1940, musik tersebut menjelma menjadi Musik Melayu Deli, yang dipopulerkan Husein Bawafie. Pada tahun 1958, mendapat pengaruh musik india yang akhirnya muncul lagu “Boneka india” oleh Ellya Khadam. Dan pada tahun 1968, muncullah si raja dangdut Rhoma Irama yang muncul dengan gebrakan-gebrakan baru di dunia dangdut.

Seiring berjalannya waktu, dangdut tidak hanya mengandalkan musik yang tajam dan suara yang enak, tapi juga dilengkapi aneka goyangan yang bervariasi, misalnya : goyang ngebor, goyang ngecor, goyang gergaji, goyang patah-patah, goyang itik, dan masih banyak goyang-goyang lainnya.

Perpindahan Genre Musik

Persaingan yang kian sengit tersebut membuat beberapa artis yang berasal dangdut justru berpindah jalur ke genre musik lain, misalnya pop. Siapa sajakah artis yang pindah dari genre dangdut ke pop, dan juga dari genre musik lain ke dangdut? Simak informasinya

  1. Artis Nury Ariesta yang terkenal dengan album dangdut remix “Bang Mamat dan Jangan Gila Dong ini akan berpindah ke jalur musik pop berjudul “Cinta tak harus memiliki”.
  2. Denada Tambunan ini awalnya merupakan penyanyi pop, kemudian dia mengambil spesialisasi  rap. Namun belakangan ini dia lebih memilih terjun ke musik dangdut
  3. •    Kevin Aprillio, yang merupakan mascot dari group band Viera ini ingin mencoba peruntungan di dunia dangdut. Eits, tunggu dulu… maksudnya dia berusaha menguasai industri musik dengan mencetak artis yang bergenre dangdut, Jeng Lee yang populer dengan lagu “Semacem Aja”

Demikianlah ulasan singkatnya. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda semua.

Selanjutnya : 5 Bangunan Peninggalan Mesir Kuno
Sebelumnya: Bahan Bangunan Adat Jawa Timur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...