Berbagai Jenis Makanan Olahan dari Ubi


Salah satu jenis makanan pokok disamping nasi, ubi menjadi makanan yang juga banyak digandrungi. Berbagai makanan olahan dari ubi dibuat agar pecinta makanan berbahan dasar ubi tidak bosan jika ubi hanya disajikan dengan resep yang itu-itu saja.

Di Indonesia, berbagai jenis ubi dapat ditemukan, mulai dari ubi cilembu, ubi jalar, ubi ungu dan banyak lagi. Harga ubi pun tidak akan menguras kantong. Dengan harga yang terjangkau, anda bisa memperoleh banyak manfaat dari aneka pangan hasil olahan berbahan dasar ubi.

Ubi memiliki rasa yang manis dan teksturnya empuk. Kandungan gizinya pun tidak main-main karena karbohidratnya cukup tinggi. Selain itu, ubi mengandung betakaroten yang bagus bagi kesehatan.

Biasanya ubi memang disajikan dengan direbus atau digoreng. Namun sekarang sudah banyak tersedia hasil olahan ubi yang akan membuat anda semakin ingin menyantapnya.

Ubi sebenarnya bisa diolah dengan banyak resep, hasilnya bisa menjadi camilan maupun makanan berat. Kue-kue pun ada yang dibuat dengan bahan dasar ubi.

Untuk mengolah makanan dengan bahan dasar ubi memang tergolong mudah. Hasil olahan ubi pun sudah tidak asing lagi di lidah orang Indonesia.

Selain diolah menjadi keripik dengan cara diiris dengan tipis kemudian di goreng, ubi juga bisa dijadikan bahan baku pembuatan kue.  Resep yang dapat dibuat dari ubi sebenarnya cukup banyak, seperti kering ubi yang dibuat dengan memotong ubi menjadi ukuran kecil dan tipis kemudian dimasak seperti memasak kering tempe.

Jika tidak ingin mengolah makanan berbahan dasar ubi menjadi kering ubi, maka anda bisa mencoba mengolah ubi menjadi cake yang lezat. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan ubi ungu, kan? Ubi tersebut bisa dijadikan pewarna untuk cake yang anda buat. Selain tetap sehat, rasanya pun akan menjadi lebih lezat.

Makanan olahan dari ubi memang banyak jenisnya. Penyajian yang menarik akan mengundang selera makan dan membuat anda tidak sabar untuk segera mencicipinya. Jadi, makanan apa yang akan anda buat menggunakan bahan dasar ubi?

Selanjutnya : Pengertian Analisis
Sebelumnya: Riwayat Hidup Tokoh Fisika Archimedes
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar