Berbagai Jenis Permainan Pramuka di Sekolah


Berbagai jenis permainan Pramuka  merupakan jenis permainan untuk mengetahui makna simbol dan teka-teki yang terdapat di dalamnya. Selain itu, permainan tersebut juga mampu menumbuhkembangkan kepribadian seseorang dalam menghadapi kehidupan nyata. Dengan kata lain, permainan bisa menjadi refleksi seseorang dalam menghadapi kehidupannya.

Permainan Pramuka

Pramuka didirikan oleh seorang berkebangsaan Inggris yang bernama Lord Robert Boden Powell yang sampai saat ini menjadi salah satu organisasi besar yang diakui oleh dunia dan banyak penggemarnya, khususnya kalangan yang menyukai petualangan alam sampai akhirnya berkembang di Indonesia.

Lambang tunas kelapa atau nyiur  menjadi ciri dari organisai tersebut, yang memiliki arti filosofi yang tinggi. Filosofi yang terdapat di dalamnya adalah seorang pramuka haruslah memiliki tekad yang kuat dan mampu menempuh perjalanan hidup dengan kondisi apapun seperti halnya tunas kelapa. Daun yang menjulang ke atas melambangkan sebuah cita-cita yang tinggi. Selain itu, tunas kelapa juga bisa tumbuh di mana saja dengan semua komponennya memiliki kegunaan tertentu.

Adapun beberapa permainan Pramuka yang sarat akan tujuan dan makna antara lain adalah permainan “Mencari dengan Diam”. Permainan ini bertujuan untuk mengasah peserta didik dalam mengobservasi sesuatu secara teliti.

Kegiatan bermain ini biasanya dilakukan dengan menggunakan media perangko atau alat lain berupa gambar. Perangko tersebut kemudian ditempelkan pada sebuah ruangan sebelum peserta memulai permainan. Peserta didik kemudian akan diberikan klu mengenai keberadaan perangko yang ditempelkan tersebut.

Setelah peserta didik menemukan perangko yang dicari, ia diminta untuk diam sampai akhirnya ditemukan orang terakhir yang mampu menemukan perangkonya. Orang terakhir itulah yang kalah dalam permainan.

Selain mencari perangko atau gambar, permainan ini juga biasanya didukung oleh arena bermain yang menguji ketangkasan. Seperti labirin dari tali tambang yang dibuat untuk dilewati, barang-barang tertentu, atau bahkan teka-teki yang dibuat untuk menguji kecerdasan peserta didik.

Selain permainan tersebut, ada juga beberapa permainan yang bisa dilakukan dalam mendidik peserta pramuka. Seperti Bintang Berpindah, Musang dan Ayam,Kapal Tenggelam, Loncat Berantai, Petik lari, Mencari Jejak, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa berbagai jenis permainan pramuka dilakukan bukan hanya untuk menghibur peserta didik. Tapi juga melatih kemampuan peserta didik dalam menghadapi tantangan tertentu, melatih kecerdasan peserta didik dalam menyikapi persoalan, menguji tingkat ketanggkasan fisik dan mentalnya, serta tujuan positif lainnya.

Selanjutnya : Puisi Ulang Tahunku
Sebelumnya: Contoh Makalah Kesehatan - Olahraga Renang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar