Berbagai Macam Karya dari Kain Perca


Membuat karya dari kain perca adalah bentuk keterampilan memanfaatkan kain sisa menjadi sesuatu yang indah atau berguna. Penggunaan kain perca selama ini umumnya terbatas menjadi kain lap, kain pel, atau bahkan dianggap sampah dan dibuang begitu saja.

Pengertian kain perca adalah kain yang tidak dipakai dan biasanya merupakan sisa penjahitan atau pembuatan semua barang yang terbuat dari kain. Istilah kain perca lainnya adalah quilting yang berarti potongan kain kecil yang dijahit kembali. Keterampilan membuat kain perca tidak sulit, hanya membutuhkan sedikit kreatifitas dan ketelitian. Kreasi dari kain perca sebaiknya dibuat dari motif kain perca yang beraneka ragam.

Kerajinan dari Kain Perca

Kerajinan dari kain perca memerlukan banyak potongan kain bekas yang bisa didapatkan dengan mudah dan murah. Anda bisa membelinya di sejumlah tukang jahit atau membeli dalam partai besar di pabrik-pabrik konvensi yang akan dengan senang hati menyuplai kebutuhan kain perca Anda.

Desainer Rory Wardhana pada 30 April 2013 menyelenggarakan peragaan busana dari kain perca bertajuk The Majesty. Perancang muda asal Solo ini memanfaatkan bahan kain perca mulai dari sisa penjahitan gorden hingga sisa pembuatan boneka yang terdiri atas bahan bridal satin, tullem siffon chrep, ditches, sutra, dan siffon untuk merancang 20 kostum nan cantik. Di tangannya, kain perca yang tak berharga diubah menjadi busana yang glamor dan mahal.

Belajar membuat barang dari kain perca bisa Anda pelajari dari mereka yang sudah mahir, atau Anda dapat belajar sendiri dari berbagai sumber seperti buku kerajinan kain perca, artikel cara membuat kerajinan kain perca, atau praktek langsung dengan menonton video tutorial membuat prakarya berbahan kain perca.

Bisnis online kain perca saat ini marak karena produk kain perca memiliki banyak peminat. Situs toko online kain perca biasanya menampilkan katalog aneka produk yang terbuat dari kain perca misalnya hiasan dinding, dompet, tas, bed cover, keset, selimut, seprei, taplak meja, aksesoris, dan lain-lain. Keunggulan produk dari kain perca adalah penggabungan warna-warni kain sehingga terlihat menarik dan memiliki keindahan dan keunikan tersendiri.

Karya dari kain perca adalah produk buatan tangan (handmade) yang merupakan produksi rumahan atau usaha skala rumah tangga yang cocok untuk para istri atau ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan tambahan namun tetap bisa mengurus keluarga. Bagaimana? Anda tertarik?

Selanjutnya : Cara Aborsi Secara Medis dan Sadis
Sebelumnya: Cara Membuat Burung Kenari Menjadi Gacor
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar