Berbagai Macam Penyakit Darah Yang Paling Berbahaya Di Dunia


Seperti yang kita ketahui, ada bebagai macam penyakit darah yang dialami oleh manusia. Penyakit darah bisa diidap oleh seseorang disebabkan oleh banyak faktor, misalnya faktor keturunan, kekurangan gizi, kurang tidur, terlalu banyak minum minuman energi, dan merokok.

Penyakit darah adalah salah satu penyakit yang bisa menghantarkan manusia kepada kematian, penyakit ini termasuk yang paling berbahaya di Indonesia. Jenis penyakit darah ada banyak sekali, dan penyakit darah paling populer yang menjangkiti masyarakat yaitu tekanan darah tinggi,  anemia dan kolesterol darah. Beberapa contoh macam-macam penyakit darah lainnya yaitu hemofilia, Sepsis, dan leukemia.

Berikut ini penjelasan singkat beberapa tipe penyakit darah, yaitu :

1. Anemia

Anemia adalah penyakit darah yang paling sering diderita manusia, penyakit darah berbahaya ini bisa diketahui dari berkekurangnya sel darah merah dalam tubuh.

Anemia disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, zat besi, atau asam folat. Contoh macam anemia yaitu anemia hemolitik, aplastik sekunder, dan anemia pernisiosa.

2. Tekanan Darah Tinggi

Tipe penyakit darah yang populer lainnya adalah tekanan darah tinggi. Penyakit darah ini memiliki nama lain yaitu silent killer, karena penyakit ini sulit deteksi karena tidak menunjukkan gejala di awal.

Cara terbaik untuk mengetahui penyakit tekanan darah tinggi adalah dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin.

Pasien yang mengidap tekanan darah tinggi dengan jangka waktu lama akan memiliki resiko penyakit stroke, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. Langkah pencegahan terbaik adalah dengan melakukan olahraga secara rutin setiap hari dan mengatur pola makan.

3. Kolesterol Darah

Kolesterol darah adalah jenis penyakit darah yang sangat sulit dan lama untuk diobati. Penyakit darah terganas ini diderita seseorang karena terjadi penumpukan kolesterol dalam aliran darah.

Terlalu banyak kolesterol dapat menyebabkan lemak menumpuk di dinding arteri atau pembuluh darah yang bertugas membawa darah ke seluruh tubuh.

Semakin lama maka lemak akan menyumbat arteri dan menghambat aliran darah ke jantung. Jika penyakit kolesterol darah ini tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan serangan jantung.

Itulah bebagai macam penyakit darah yang paling berbahaya di dunia. Untuk menghindarinya, kita dapat melakukan langkah preventif dengan melakukan pola hidup sehat.

Selanjutnya : Membincang Geografi Regional Dunia Berdasarkan Aspek Fisik dan Non Fisik
Sebelumnya: Makalah Tentang Kelenjar Lambung dan Gangguannya pada Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar