Mengenali Bercak Putih pada Lidah

Bercak putih pada lidah sering dianggap  sebagai suatu hal biasa yang akan menghilang dengan sendirinya. Apalagi jika itu terjadi pada anak-anak, terutama saat mereka masih usia menyusui.  Memang adakalanya demikian.

Namun, bagaimana jika bercak putih itu terjadi pada orang dewasa? Jika seseorang mengalami bercak putih di lidah yang tidak segera sembuh, sebaiknya mulai waspada. Dengan mengenali barcak putih pada lidah, kita bisa mencegah munculnya penyakit. Beberapa ciri-ciri bercak lidah di bawah ini dapat memberi wawasan, kira-kira  termasuk yang manakah bercak putih yang sedang diderita.

Loading...

Kandidiasis

Kandidiasis atau dikenal juga dengan  Oral Trush adalah bercak putih yang disebabkan oleh infeksi jamur yang menyerang rongga mulut. Sering kali infeksi jamur ini menimbulkan bintik putih seperti keju yang disebut dengan cottage cheese.Kandidiasis sangat sering kita jumpai pada anak-anak yang masih menyusu pada ibunya, juga pada orangtua yang memakai gigi tiruan.

Orang dewasa juga dapat terserang kandidiasis apabila pertahanan tubuhnya melemah. Disamping itu, kandidiasis juga ditemukan pada penderita kencing manis, pada orang yang menderita paru-paru atau asma dan menggunakan steroid inhalasi untuk membantu pernafasannya.

Bercak putih pada lidah akibat kandidiasis juga bisa terjadi pada orang dengan kesalahan pemakaian antibiotik. Hal ini menyebabkan fauna yang ada di dalam mulut mati sehingga muncullah jamur tersebut. Fauna yang ada di dalam mulut dapat dikembalikan dengan meminum yoghurt polos yang mengandung “live and active cultures” yang akan menghambat kehadirannya.

Oral Lichen Planus

Jika pada mulut Anda terlihat garis-garis berwarna putih dan berbentuk seperti renda, Anda mungkin sedang terkena serangan Oral lichen planus.Serangan jamur ini biasanya tidak menimbulkan efek yang berat dan dapat hilang dengan sendirinya. Jamur ini biasanya menyerang pada kondisi mulut yang kurang terjaga kebersihannya seperti tidak teratur gosok gigi dan sering merokok.

Leuplakia

Leuplakida merupakan pertumbuhan sel yang berlebihan di dalam mulut sehingga menimbulkan bercak-bercak putih pada lidah yang disebut dengan leuplakia.Sebenarnya, pada awalnya, leuplakia tidak terlalu berbahaya. Namun, penyakit ini akan menjadi berbahaya jika akhirnya memicu hadirnya sel-sel kanker.

Dengan demikian, dokter perlu memastikan apakah bercak putih di mulut Anda termasuk yang berbahaya atau bukan.Pada umumnya, jika Anda mengalami sakit di rongga mulut yang tidak kunjung sembuh dan lebih dari 2 minggu, sebaiknya Anda mulai waspada.Pada kebanyakan kasus, para perokok akan lebih mudah terserang bercak putih pada lidah daripada bukan perokok.

Demikian uraian singkat mengenai jenis penyakit yang muncul dengan gejala adanya bercak putih pada lidah.

Loading...
Selanjutnya : Landasan Jurnalistik dan Penyimpangannya
Sebelumnya: Benarkah Orang Murtad Bisa Bertobat dan Islam Lagi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar