Contoh Berita Faktual Korupsi

Yang dimaksud dengan berita faktual korupsi adalah berita yang berhubungan dengan peristiwa atau kasus korupsi dan sifatnya adalah nyata atau bukan sekedar rumor dan gosip saja. Sehingga nilai kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan.

Berita Faktual tentang Korupsi buy zithromax in uk propecia vs avodart buy zoloft online canada, zoloft street value, mail order zoloft, zoloft for best place to buy zoloft online , zoloft generic pill identifier, zoloft generic brand ,  buy propecia online your area. at … order Hydroxyzine buy baclofen online from uk – can you take 2 10mg cialis. zithromax without prescription

Loading...

Salah satu contoh berita faktual tentang korupsi yang terjadi di Indonesia adalah yang berkaitan dengan lembaga kepolisian di tanah air. Ada sebuah pernyataan yang menyebutkan apabila Polri atau Kepolisian Republik Indonesia merupakan lembaga yang tingkat korupsinya paling tinggi di Indonesia.

Sedangkan lembaga lainnya yang juga sama-sama paling sering terlibat dalam tindakan korupsi yaitu Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR. Bahkan hasil sebuah penelitian juga menunjukan jika kasus korupsi di kedua lembaga ini merupakan hal yang sangat faktual karena penilainnya selalu didasarkan pada fakta yang sebenarnya.

Contohnya ketika ada anggota masyarakat yang membuat suatu laporan pada pihak kepolisian, biasanya dimintai bayaran yang sebenarnya tidak diwajibkan. Bahkan ada yang mengurus surat kehilangan KTP atau kartu identitas lainnya harus mengeluarkan biaya dengan nilai tertentu yang sangat tidak masuk akal.

Sementara di lembaga DPR, korupsi yang paling sering terjadi adalah saat pihak pemerintah akan mengajukan persetujuan atas suatu keputusan yang akan diambil. Apalagi jika keputusan tersebut memiliki hubungan yang sangat erat dengan dunia usaha atau bisnis.

Untuk mendapatkan persetujuan dari DPR, pemerintah atau pihak swasta harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Padahal biaya untuk menyogok para anggota DPR ini merupakan uang milik negara. Sedangkan dari swasta, mereka bersedia melakukan penyogokan sebab bisa meraih keuntungan yang jauh lebih besar ketika berhasil meloloskan proyeknya.

Korupsi di Luar Negeri

Contoh berita faktual korupsi lainnya adalah dari luar negeri yaitu China. Pada tahun 1998, pihak pemerintah negeri tirai bambu tersebut mengeluarkan sebuah keputusan yang menyebutkan jika semua pejabat yang telah melakukan praktek korupsi dianggap tidak melakukan kesalahan.

Tapi satu hari setelah keputusan itu dibuat dan ternyata masih ada pejabat yang nekad melakukan maka tidak akan ada ampunan lagi untuknya. Pejabat tersebut akan langsung mendapat hukuman berat yaitu hukuman mati.

Hingga saat ini sudah tercatat ribuan pejabat pemerintah yang harus kehilangan nyawanya akibat dari perbuatannya sendiri. Karena itulah negeri ini sekarang sudah mampu merubah diri sebagai negara yang tingkat korupsinya tergolong paling rendah di Asia bahkan dunia.

Negara lain yang juga berhasil menekan angka korupsi yaitu Latvia. Sebelum ini negara tersebut dipandang sebagai salah satu sarang koruptor terbesar di dunia. Pada tahun 1998 dibuat sebuah undang-undang yang dikasih nama UU ilustrasi yang sering juga disebut undang-undang potong generasi.

Melalui peraturan baru tersebut, semua pejabat yang duduk di eselon tingkat II dipensiunkan lalu diganti dengan pejabat baru yang usianya lebih muda. Hal ini juga diberlakukan kepada aktivis atau tokok politik. Mereka diharuskan mengundurkan diri bahkan dilarang melakukan kegiatan politik lagi.

Sejak itu negara tersebut bebas dari kasus korupsi. Itulah contoh berita faktual korupsi dari luar negeri. Semoga dapat menjadi bahan pelajaran bagi bangsa Indonesia yang saat ini juga sedang giat-giatnya memberantas kasus korupsi yang terus marak terjadi.

Loading...
Selanjutnya : Cara Melatih Berkicau Jalak Putih
Sebelumnya: Tips Mencari Seorang Pria yang Soleh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar