Berita Gempa Hari ini di Indonesia


Berita gempa hari ini di Indonesia telah menjadi berita yang tidak lagi mengagetkan. Pasalnya, beberapa tahun ke belakang, Indonesia tengah digoncang oleh berbagai kejadian bencana alam yang banyak menelan korban jiwa. Dimulai dengan gempa dan tsunami di Aceh tahun 2004 selam, disusul gempa dan tsunami di Pangandaran tahun 2006, sampai akhirnya gempa yang terjadi di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Hal tersebut membuktikan bahwa gempa bumi adalah bencana yang bisa datang kapan dan di mana saja tanpa diketahui terlebih dahulu oleh manusia. Namun, dengan adanya perkembangan teknologi, kejadian gempa bumi bisa dideteksi lebih dini, sehingga masyarakat di wilayah gempa dapat bersiap-siap untuk melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman.

Guncangan yang terjadi di permukaan bumi ini bisa mengakibatkan berbagai macam dampak bagi kehidupan manusia, sehingga diperlukan upaya tersendiri untuk dapat mendeteksi, menghadapi, dan tentu saja menanggulangi kejadian tersebut secara efektif, sehingga jumlah korban jiwa yang ada dapat diminimalisasi atau bahkan dihilangkan sama sekali.

Jenis-jenis gempa bumi pun sebenarnya bermacam-macam. Akan tetapi, berdasarkan penyebabnya, gempa bumi terdiri atas gempa bumi tektonik, gempa bumi vulkanik, gempa bumi tumbuhan, gempa bumi runtuhan, dan gempa bumi buatan.

Gempa bumi tektonik merupakan gempa yang disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik berupa pergeseran lempengan tektonik dengan waktu yang tiba-tiba, sehingga menimbulkan dampak buruk yang sangat besar pada seluruh penjuru permukaan bumi.

Gempa vulkanik merupakan gempa yang disebabkan oleh adanya aktivitas magma yang berlangsung sebelum gunung api meletus. Gempa inilah yang biasanya terjadi di wilayah pegunungan merapi yang ada di Yogyakarta atau wilayah gunung api lainnya di Indonesia.

Gempa bumi tumbukan merupakan gempa yang disebabkan oleh adanya tumbukan antara benda langit yang satu dengan benda langit yang lain hingga akhirnya jatuh ke bumi. Gempa bumi runtuhan merupakan gempa yang disebabkan oleh adanya runtuhan di beberapa wilayah yang ada di permukaan bumi dan bersifat lokal.

Gempa buatan adalah gempa yang disebabkan oleh adanya aktivitas manusia, sehingga mengakibatkan gempa, seperti teror bom dan lain-lain. Demikianlah berita gempa hari ini di Indonesia yang diharapkan tidak akan menelan korban jiwa lagi, seperti pada gempa-gempa terdahulu.

Selanjutnya : Mengetahui Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas dengan Data Statistik Lalu Lintas
Sebelumnya: Kobra, Ular Paling Berbisa di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar