Menelaah Berita Mengenai Penghargaan terhadap Hak dan Kewajiban dalam Masyarakat Indonesia

 

Sering kita mendengar atau membaca berita mengenai penghargaan terhadap hak dan kewajiban dalam masyarakat Indonesia. Berikut ini disajikan beberapa jenis berita tersebut.

1. Berita mengenai penghargan terhadap Hak atas Kekayaan Intelektual (Haki).

Kemampuan menghasilkan karya kreatif dalam kehidupan sehari-hari, kiranya masih minim dihargai di negeri ini.

Salah satunya adalah berita mengenai diskusi Hak atas Kekayaan Intelektual (Haki) yang diadakan di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, pada tanggal 7 November 2012. Diskusi bertemakan ‘IP for The Betterment of Indonesia’ ini digagas oleh Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP).

Kelompok masyarakat yang gelisah akan rendahnya penghargaan terhadap Haki, terutama berkaitan dengan penghargaan terhadap Intellectual Property (IP). MIAP berkeyakinan bahwa masyarakat Indonesia pada umumnya kurang menghargai hasil karya orang lain, sehingga pembajakan terhadap karya kreatif (hak cipta/hak paten) seseorang sangat sering dijumpai.

Contohnya, pembajakan terhadap buku/novel-novel yang laris di pasaran, lagu yang sedang digandrungi, dan banyak contoh lainnya.

Menghadirkan pembicara yang kompeten dari Direktur Kerjasama dan Promosi Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), diskusi diberitakan berlangsung menarik.

Terutama ketika terungkap fakta bahwa jumlah permohonan Haki hanya sekitar 700-800 dari total penduduk Indonesia yang mencapai 240 juta jiwa. Angka ini sangat jauh jika dibandingkan dengan Korea dan China. Sehingga wajar saja bila Indonesia lebih dikenal sebagai bangsa pengguna (konsumen), bukan bangsa inovator (produsen) dalam hal industri kreatif.

2. Berita mengenai penghargaan terhadap kaum veteran.

Berita lainnya yang menggambarkan masih begitu minim penghargaan terhadap hak seseorang atau sekelompok warga negara adalah mengenai kaum veteran. Kaum yang berjuang dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekan bangsa ini dari agresi pihak luar, pada masa tuanya seringkali ditemukan hidup terlantar.

Dari kedua tema berita tersebut, apa yang dapat kita simpulkan? Berita mengenai penghargaan terhadap hak dan kewajiban dalam masyarakat Indonesia mengarahkan kita pada satu kesimpulan.

Kesimpulan bahwa negara maupun masyarakat Indonesia kurang peka dalam mengapresiasi hak seseorang atau sekelompok masyarakat. Budaya yang seyogyanya harus kita segera ubah mulai dari sekarang.

Selanjutnya : Bagaimanakah Cara Penulisan Sarjana Ilmu Komunikasi yang Benar?
Sebelumnya: Melihat Sistem Politik yang Berlangsung di Negara Lain
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...