Berita Tentang Terjadinya Tsunami di Jepang dan Penyebabnya

Anda pasti sudah mendengar tentang bencana tsunami yang melanda Jepang pada maret 2011, tahukah Anda penyebabnya? Sebelum kita membahas tentang tsunami di Jepang dan penyebabnya, terlebih dahulu kita bahas arti tsunami menurut orang Jepang. Tsunami adalah bergeraknya air laut dalam jumlah besar akibat pergeseran kerak bumi.

Jepang merupakan wilayah yang rentan terjadi gempa, diperkirakan sekitar 20 persen dari kesuluruhan gempa yang terjadi di dunia dan berkisar enam kali dalam setiap lima menit. Hal itu dikarenakan Tokyo berada di kepulauan Honshu, yang tepatnya dipersimpangan tiga lempeng benua, yakni Eropa, Pasifik dan lempeng laut Philipina yang pelan-pelan akan mengalami pergeseran antara satu sama lain serta membentuk tekanan dan kekuatan yang dahsyat dan ganas. Jadi, ketika pusat gempa berada di dasar laut, maka akan menyebabkan tsunami yang lebih dahsyat dibandingkan dengan gempa.

Loading...

Saat tsunami terjadi di Jepang, Anda pasti sudah melihat berbagai berita tentang terjadinya tsunami di Jepang dan penyebabnya. Dari pemberitaan tersebut, kita bisa mendengarkan pendapat para ahli yang mengatakan penyebabnya dari “supermoon”, yakni meningkatnya gelombang pasang air laut yang disertai meningkatnya aktivitas seismik di bumi mengakibatkan meningkatnya potensi gempa bumi dan erupsi gunung berapi. Pada saat yang hampir bersamaan, puncak kedekatan bumi dengan bulan tersebut, Jepang diguncang oleh gempa berkekuatan 8,9 skala magnitude dan menyebabkan tsunami yang menewaskan lebih dari 1000 korban jiwa.

Jika biasanya gempa terjadi diakibatkan oleh aktivitas tektonik bumi, maka dari penjelasan tersebut, beberapa pihak menyimpulkan penyebab gempa di Jepang adalahpergerakan bulan yang hendak menuju titik terdekatnya dengan bumi. Gempa sejenisnya sudah terjadi di Aceh pada tanggal 26 Desember 2004, terjadinya gempa di Aceh pada 14 hari sebelum perigee bumi dan bulan terjadi.

Namun, spekulasi tersebut dimentahkan oleh meteorolog senior di AccuWeather Paul Walker. Dia menganggap, jika masalah gempa tsunami yang terjadi di Jepang tidak bisa dihubungkan dengan adanya supermoon. Bahkan, Astronom NASA David William juga menolak jika “supermoon” adalah penyebab gempa. Selain itu, masih banyak para ahli lainnya yang menolak jika supermoon merupakan penyebab gempa di Jepang. Penyebabnya adalah rahasia Tuhan dan hanya Dialah yang Maha Tahu.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Permainan Online Terbaik Di Facebook
Sebelumnya: Cara Pembelanjaan Perusahaan yang Efektif dan Efisien
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar