Berita Terkini tentang Tegal


Berita terkini tentang Tegal dahulu bernama Hindia Belanda. Pada abad ke-20, Kota Tegal sebagai pusat produksi gula. Hindia Belanda sebutan lain dari kota pemproduksi gula yang pada abad tersebut sudah berani melakukan ekspor gula. Tegal salah satu wilayah yang mengembangkan daerah agraris sejak zaman Mataram Kuno. Candi di Pagedangan merupakan salah satu saksi bisu di tlatah Tegal yang dihubung-hubungkan dengan kerajaan Mataram Islam dan Pajang. Artefak kuno di candi inilah yang mengambarkan kekuasaan yang berbasis pertanian.

Sejarah Kota Tegal

Abad ke-20, Tegal juga masih dijadikan pusat pengekspor gula. Tegal terletak di kawasan Jawa tengah, tepatnya seratus kilometer dari Cirebon. Sejarah Kota Tegal dahulu merupakan tanah yang penuh dengan kesuburan, Hal ini terbukti Ki Gede Sebayu (salah satu saudara Raden Benowo) kagum dengan lokasi ini. Kemudian ia berniat tinggal dan meningkatkan pertanian di tempat ini bersama masyarakatnya. Kota yang berada di pantai utara Jawa tengah ini tepat di Kabupaten Tegal Indonesia, salah satu kota yang cukup besar di Kabupaten Slawi.

Kerajaan Mataram Islam

Secara sekilas berita terkini tentang tegal adalah perjalanan sejarah yang patut untuk diikuti. Banyak pula yang tidak tahu bahwa dahulu Kota Tegal ini adalah kerajaan Mataram Islam. Ki Gede Sebayu adalah salah satu tokoh di dalam tlatah Tegal yang masih trah Majapahit. Ki Gede memiliki 90 saudara dan ia merupakan putra kedua puluh dua. Ki Gede Sebayu dianugrasi dua putra bernama Raden Ayu Giyanti Subalaksana dan Ki Gede Hanggobuwono.

Awal sejarah Kota Tegal diawali dari kisah Ki Gede Sebayu pergi dari kerajaan Majapahit dan melepaskan kebangsawanannya. Alasan Ki Gede meninggalkan semua atribut tersebut dikarenakan terjadi konflik keluarga yang tidak kunjung selesai. Dampaknya, rakyat yang ada di sekitar juga turut terkena imbas konflik dari Kerajaan. Ki Gede memutuskan untuk mengembara.

Padang ilalang penuh dengan rumput dan terdapat beberapa rumah semi permanen yang ditinggali oleh para santri. Ki Gede terperanjat dan memutuskan untuk mengajari warga yang ada daerah itu untuk bercocok tanam. Alang-alang yang ada di sana pun kemudian dibersihkan dan dibuatlah tegalan sebagai media tanam pertanian mereka.

Ki Gede Sebayu pun terpesona dan terlanjur jatuh hati pada tempat yang sekarang ini disebut Tegal ini. Ia lalu memutuskan untuk menghentikan pengembaraan. Selain membuat tegalan, warga juga membuat semacam bendungan yang dimanfaatkan untuk pengairan tanaman yang mereka tanam. Inilah sekilas berita terkini tentang Tegal dari masa ke masa. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat. Selamat membaca!

Selanjutnya : Cara Menumbuhkan Bibit Jamur Merang Putih
Sebelumnya: Berita Baru TVOne dan Kualitas Jurnalis Kita
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar