Tips Berkebun Tomat dalam Pot dengan Mudah

Berkebun tomat dalam pot mungkin bisa menjadi alternative yang tepat bagi Anda yang tidak memiliki halaman luas. Cara menanam tomat dalam pot ini kini sedang marak di kalangan ibu-ibu. Banyaknya manfaat yang bisa diambil dari buah tomat membuat para ibu ingin menanam tomat ini meski dalam area yang terbatas. Dalam artikel ini, penulis akan berbagi informasi tentang bagaimana cara berkebun tomat dalam pot. Sebelumnya, mari kita bahas dulu apa sebenarnya manfaat dari buah tomat ini?

Manfaat Buah Tomat

Loading...

Buah tomat banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, buah yang satu ini juga sering dimanfaatkan untuk upaya merawat kecantikan tubuh. Khasiatnya yang dapat memutihkan kulit dan menghaluskan kulit membuat para wanita sering memanfaatkannya. Tak hanya itu, rasanya yang manis dan segar membuat siapapun menyukainya.

Buah tomat bisa menjadi salah satu makanan sumber vitamin C dan antioksidan. Kemampuannya untuk meringankan flu sudah dipercaya sejak zaman dulu. Selain itu, tomat juga baik untuk ibu hamil karena banyak mengandung asam folat yang sangat diperlukan janin selama masa kehamilan. Jadi, tidak ada salahnya Anda mulai berkebun tomat dalam pot.

Tips Menanam Tomat Cherry dalam Pot

Salah satu jenis tomat yang dapat dan cocok ditanam dalam pot yaitu tomat cherry. Tomat dengan ukuran mungil-mungil ini biasanya dibuat sebagai campuran salad buah dan sayur. Berikut ini tips cara berkebun tomat dalam pot khususnya tomat cherry:

  • Simpan pot tomat cherry di tempat yang cukup terkena sinar matahari tapi bisa terlindung dari angin yang kencang. Angin yang kencang bisa merontokkan daun, mematahkan batang, menghancurkan bunga, serta merontokkan buah. Suhu yang baik untuk tanaman ini sekitar 21,1o C – 26,6o C.
  • Berikan kandang untuk tomat yang masih muda. Anda bisa membuatnya dari kawat. Sediakan juga ruang yang cukup antar kawat-kawat tersebut untuk tangan Anda. Kandang ini bermanfaat untuk mencegah adanya predator.
  • Siram tomat cherry saat tanah terlihat mengering. Siramkan air dari bagian atas hingga terlihat air keluar dari bawah pot.
  • Usahakan daun tidak terlalu sering terkena air. Daun yang sering basah bisa memicu pembusukan. Jika cuaca kering dan panas, siram tanaman setiap hari.
  • Berikan pupuk yang sudah dilarutkan dalam air. Tuangkan pupuk tersebut di sekitar tanaman. Jika tomat pertama sudah muncul, beri lagi pupuk,. Dua minggu kemudian beri lagi, dan satu bulan berikutnya.

Itulah informasi tentang tips berkebun tomat dalam pot khususnya tomat cherry. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...
Selanjutnya : Kalau Bersendawa Tanda Apa?
Sebelumnya: Berita Terhangat tentang Pemerintahan yang Ditunggu Masyarakat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar