Berzikir yang Baik untuk Hidup Lebih Baik

Berzikir yang baik adalah sarana bagi kita untuk lebih mendekatkan diri pada Allah. Dengan melakukan zikir maka kita akan selalu mengingat-Nya dan Dia pun akan senantiasa mengingat kita. Selain itu zikir juga memiliki makna sebagai latihan dalam mendekatkan diri dan mengingat Tuhan, apabila selalu ingat maka kita pun akan terhindar dari maksiat yang dilarang agama.

Dengan kata lain, zikir mampu mengarahkan para pelakunya menuju kearah positif serta mampu menuju ke puncak akhlaqul karimah.

Loading...

Kita bisa melakukan berzikir yang baik dimana saja dan kapan saja. Namun jika menginginkan zikir kita bisa membawa efek yang baik dan positif serta lebih bermanfaat lagi maka ada beberapa cara yang perlu diperhatikan dan dilakukan. Ketika akan berzikir sebaiknya perhatikan badan pakaian serta tempatnya, semuanya harus suci dari najis. Ini adalah hal dasar yang semua muslim sudah tahu bahwa ketika akan beribadah maka sebaiknya ada dalam keadaan yang suci.

Sebab itu, sebelumnya ambil wudhu lalu gunakan pakaian yang bersih dan terbaik. Warna pakaian yang disunnahkan adalah pakaian berwarna putih. Disunnahkan juga untuk memakai wangi-wangian namun yang tidak mengandung alkohol.

Selanjutnya adalah menghadap kiblat lalu gunakan juga tempat yang bersih lalu duduklah sambil bersila kearah kiblat. Sebaiknya hindari ruangan yang bising atau ramai, sebaiknya gunakan ruangan yang tenang. Lebih baik lagi jika dilakukan pada malam hari agar bisa konsentrasi dengan apa yang kita baca. Berniatlah dengan tulus dan mengharap ridho Allah.

Ini penting sekali dalam setiap aktivitas yang kita lakukan. Karena segala sesuatu itu tergantung dari apa yang diniatkannya. Maka lakukanlah zikir dengan niat untuk beribadah dan mencari ridho Allah semata.

Rendahkan suara Anda jika pelru lirihkanlah dan jangan mengeraskan suara. Apalagi mengeraskan suara seperti seorang yang membentak-bentak sehingga bisa mengganggu orang lain. Ingatlah, walaupun hanya berzikir dengan di batin atau tidak ada suaranya pun Allah telah mengetahui dan mendengarnya.

Berzikir yang baik haruslah dipahami setiap kata atau kalimat zikir yang kita ucapkan. Dengan kita memahami arti setiap kalimat tersebut maka hati kita akan konsentrasi dan fokus dengan apa yang kita baca atau lakukan. Sehingga kalimat tersebut bisa saja menjadi sebuah sugesti baik untuk pelaku zikir bahwa zikir tersebut hanyalah untuk dan karena Allah.

Loading...
Selanjutnya : Tebakan Bahasa Arab Lucu
Sebelumnya: Bahasa Indonesia Berbentuk Huruf Jepang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar