Tips Beternak Jalak Bali


Beternak jalak bali, sulitkah? Sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk ternak burung jalak bali ini, tetapi burung jalak bali ini saat ini termasuk jenis burung langka. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sedikit tips yang mungkin berguna bagi yang berminat untuk usaha ternak burung jalak bali.

Sebelum menyampaikan informasi mengenai tips beternak burung jalak bali, alangkah baiknya kita mengenal sedikit mengenai burung jalak bali. Burung jalak bali ini termasuk jenis burung langka yang jumlah populasinya semakin sedikit. Burung jalak bali ini tersebar di wilayah Bubunan hingga wilayah Gilimanuk. Budidaya atau ternak burung jalak bali ini berarti juga turut memelihara kelestarian burung ini.

Burung jalak bali ini agak berbeda dengan burung jalak jenis lainnya karena burung jenis ini biasanya memiliki bulu berwarna putih dan bulu bagian sayap hingga ekor berwarna hitam. Warna bola mata burung jalak ini biasanya berwarna cokelat tua. Lalu apakah bisa kita ternak burung jalak bali ini? Bisa!

Ternak jalak bali ini tak beda jauh dengan beternak burung jalak lainnya. Hal yang harus dipersiapkan untuk ternak burung jalak bali ini antara lain adalah menyiapkan induknya, menyiapkan sangkar atau kandang, menyiapkan pakan, dan perawatan di burung. Burung jalak bali ini memiliki karakter yang tak jauh berbeda dengan burung jalak lainnya, yakni burung yang gemar mandi dan memakan serangga.

Selain itu, burung jalak bali ini memiliki sifat setia pada pasangan atau hanya memiliki satu pasangan. Lokasi sangkar atau kandang burung jalak bali ini sebaiknya mencari tempat yang sepi dan terjangkau oleh sinar matahari yang cukup. Usahakan ukuran sangkarnya ideal, yakni 80 x 100 x 170 cm. Mengenai pakan, berikan burung jalak bali ini dengan pakan yang diselang-seling agar tidak bosan, seperti jangkrik, ulat bambu, ulat HongKong, dan voer.

Setelah mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan untuk beternak jalak bali, hal yang perlu diperhatikan adalah perawatan pada burung tersebut agar tak mudah terserang penyakit dan melakukan penjemuran secara teratur. Sampai di sini dulu artikel tentang tips ternak burung jalak bali, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Selanjutnya : Iklim Indonesia Menurut Letaknya
Sebelumnya: Umat Islam Arab dengan Lagu Tarian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar