Berapa Biaya Fax Lokal


Tarif atau biaya fax lokal memang banyak yang kurang mengetahuinya karena memang tak banyak orang yang menggunakan fax, kecuali pekerja kantor atau pegawai sebuah instansi. Pada artikel kali ini saya akan membahas sedikit mengenai tarif fax yang berlaku di Indonesia, tetapi sebelumnya kita akan bahas dulu apa itu fax atau faksimile.

Faksimile atau fax ini ternyata berasal dari dua suku kata dalam bahasa latin, yakni ‘fac’ dan ‘simile’ yang berarti membuat salinan yang sama dengan aslinya. Fax ini juga sering disebut dengan telecopy karena kemampuannya dalam mengirimkan dokumen melalui jaringan telepon dan menghasilkan salinan yang sama dengan aslinya di tempat tujuan pengiriman. Bagi pegawai kantor atau instansi tentu tak asing lagi dengan mesin fax ini atau bahkan setiap hari bergelut dengan mesin ini. Fax memang cukup penting karena kemampuannya dalam mengirimkan dokumen, meski saat ini sudah mulai tergeser dengan adanya email.

Kita sudah mengetahui apa itu fax dan kegunaannya, lalu berapa tarif fax lokal dan interlokal yang berlaku di Indonesia? Tarif atau biaya pengiriman fax di Indonesia menurut sumber dari Telkom selaku penyedia jaringan kabel telepon adalah Rp.3.500 untuk lokal, SLJJ Rp.5.500, dan SLI Rp.15.000. Namun, jika kita mengirim fax melalui wartel, tarif yang ditetapkan akan lebih mahal karena mereka membutuhkan dana untuk investasi mesin fax yang cukup mahal.

Saat ini, mesin fax sudah tak terlalu mahal. Saat ini popularitas atau penggunaan fax mulai menurun karena dinilai kurang praktis dan lambat dibandingkan dengan solusi lain seperti email. Email memiliki kemampuan yang sama bahkan melebihi fax dalam hal mengirim dokumen. Selain itu, harga atau biaya yang dikeluarkan untuk mengirim email jelas jauh lebih murah dari mengirim fax dan kecepatan pengiriman juga email lebih unggul.

Meski biaya fax lokal kini sudah cukup terjangkau, tetapi solusi yang ditawarkan oleh email ini lebih menggiurkan dan jauh lebih murah. Perusahaan yang ada di Indonesia saat ini masih banyak Iagi menggunakan mesin fax, sehingga pergeseran oleh email ini tak akan terjadi dalam waktu dekat. Sampai di sini dulu penjelasan mengenai fax dan biayanya, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Lapisan Atmosfer Beserta Penjelasannya Berdasarkan Al-Quran
Sebelumnya: Jenis-Jenis Anjing dan Harganya yang Termahal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar