Biaya Kuliah di Unpad Jalur SNMPTN Undangan dan Syaratnya


Beberapa waktu yang lalu muncul sebuah kabar menggembirakan, yang menyebutkan jika biaya kuliah di Unpad jalur SNMPTN undangan akan diturunkan. Aturan baru tersebut berlaku bagi mahasiswa yang menjalani pendidikan akademi mereka pada tahun 2012/2013.

Tujuan dan Rincian Biaya

Menurut penjelasan Rektor Unpad yaitu Ganjar Kurnia, biaya pendidikan yang diturunkan ini dilakukan secara pada semua program studi. Hanya saja angka besarannya berbeda-beda.

Tujuan utama dari penurunan ongkos pendidikan ini adalah agar aksebilitas terhadap SMUP atau Seleksi Masuk Mahasisa Unpad bisa mengalami peningkatan, sehingga dapat makin ramah sosial.

Salah satu fakultas yang mengalami penurunan antara lain adalah Fakultas Kedokteran. Apabila sebelumnya biaya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa sebesar 177 juta, sekarang telah turun menjadi 95 juta rupiah. Kemudian Fakultas Hukum yang dulunya adalah 42 juta turun sebesar 12 juta menjadi 30 juta.

Sementara itu, Fakultas Komonikasi dari 47 juta berubah jadi 35 juta. Selanjutnya Fakultas Ekonomi yang berkisar antara 40 sampai 50 juta juga ikut diturunkan sekitar 30 juta untuk masing-masing program studi. Selanjutnya Fakultas Sejarah dan Sastra, sekarang biayanya menjadi 8 juta atau mengalami penurunan 4 juta dari sebelumnya 12 juta.

Hal yang lebih menarik lagi biaya kuliah di Unpad jalur SNMPTN undangan tersebut tidak akan dikenakan biaya tambahan lain, kecuali biaya sewa asrama sebanyak 6 juta.

Hal ini juga berlaku untuk mahasiswa yang berasal dari tes ujian tertulis. Jadi jika mereka lulus, tidak akan dikenakan biaya untuk wisuda dengan sebagainya.

Syarat yang Harus Dipenuhi

SNPTN jalur undangan punya tujuan untuk merektrut calon mahasiswa yang sebelumnya sudah punya prestasi saat menempuh pendidikan di bangku sekolah SMU.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah punya prestasi akademik yang tinggi serta konsisten berdasarkan peringkat yang dibuat oleh kepala sekolah masing-masing serta masuk peringkat paling atas di semester tiga, empat dan lima.

Calon mahasiswa yang mendaftar juga harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah atau kepala sekolah. Selain itu kondisi kesehatan harus prima dan mendapat rekomendasi dari Dinas Kesehatan setempat agar proses pendidikan yang akan di tempuh di Perguruan Tinggi tersebut tidak mengalami hambatan atau halangan.

Untuk program studi tertentu ada syarat lain yang harus dipenuhi contohnya tidak mengalami gangguan penglihatan seperti buta warna. Perlu diketahui pula, ada beberapa program studi lain yang juga menerapkan syarat tertentu lainnya demi kelancaran proses pembelajaran.

Setelah bisa memenuhi semua syarat dan lolos dalam seleksi, mahasiswa yang diterima mendapatkan rincian biaya kuliah di Unpad jalur SNMPTN undangan tersebut.

Selanjutnya : Tugas Badan Pusat Statistik
Sebelumnya: Karangan Persuasi tentang Buanglah Sampah pada Tempatnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar