Arti dan Sejarah Bintang Daud


Bintang Daud atau heksagram saat ini dikenal sebagai lambang negara Israel, orang Yahudi atau hal-hal yang berbau freemasonry. Lalu, apa arti lambang heksagram itu? Bagaimana sejarah lambang heksagram ini hingga saat ini digunakan oleh orang Yahudi? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sekilas mengenai arti dan sejarah heksagram tersebut.
Saat ini heksagram ini menjadi simbol dan lambang politis negara Israel yang merupakan negara dengan mayoritas penganut agama Yahudi.

Berdasarkan beberapa sumber, lambang heksagram ini telah lama ada sebelum orang Yahudi lahir. Lambang heksagram ini kabarnya telah ada di peragawan Mesir kuno dan kerajaan Babylonia yang digunakan oleh astronom kuno, penganut aliran paganisme, dan sebagainya.

Lambang bintang heksagram ini kemudian beralih fungsiĀ  menjadi lambang Yudaisme atau komunitas Yahudi. Kita tentu melihat lambang ini berada di bendera negara Israel. Lalu, apa sebenarnya arti dari heksagram ini?

Berdasarkan sumber yang berasal dari sejumlah Yudais, lambang heksagram yang disebut dengan bintang David ini melambangkan angka tujuh. Angka 7 sendiri memiliki arti tersendiri dalam agama Yahudi, yakni melambangkan 7 hari penciptaan dunia oleh Roh Allah yang terdiri dari enam hari penciptaan dan ditambah hari ketujuh untuk istirahat. Hari ketujuh yang dimaksud oleh kepercayaan Yahudi ini adalah hari Sabat atau Sabtu yang biasa digunakan oleh umat Yahudi untuk beribadah.

Sedangkan asal atau sejarah bagaimana lambang bintang David ini terbentuk sampai saat ini belum diketahui secara pasti karena tak ada sumber sejarah yang otentik mengenai asal terbentuknya lambang perisai Daud.

Saat ini, lambang bintang David ini juga diketahui tersebar di beberapa situs prasejarah dan juga terdapat di benda-benda peninggalan zaman prasejarah. Hal ini berarti lambang bintang David ini telah ada dan digunakan di masa lalu.

Tentunya kita sudah sedikit mengetahui apa itu heksagram dan bagaimana sejarahnya. Era dewasa ini, bintang David ini selain identik dengan Yahudi dan Israel, juga masih diidentikkan dengan ajaran sesat dan paganisme. Sampai di sini dulu penjelasan mengenai bintang Daud, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Selanjutnya : Cerita Legenda Jack Sparrow
Sebelumnya: Jenis Mouse Komputer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar