Cara Mengobati Bintik Merah pada Kulit Gatal

Bintik merah pada kulit gatal jangan dianggap sepele. Jika dibiarkan gatal dapat membahayakan tubuh. Banyak cara yang menyebabkan gatal menyebar keseluruh tubuh. Awal sumber gatal hanya pada satu titik, tetapi dapat berkembang dan menular ke bagian tubuh yang lain. Penuluran dapat ditularkan lewat udara, kontak langsung, adapun yang menularkan gatal paling berbahaya adalah tangan.

Jenis Gangguan Kulit

Banyak jenis gangguan kulit yang salah satunya ditandai dengan bintik merah. Bintik merah dapat pula terjadi pada anak-anak sampai orangtua. Salah satu gangguan kulit yaitu psoriasis, biasannya terjadi karena dipengaruhi oleh kerentanan secara genetik yang menyerang langsung pada sel dan darah putih.

Fungsi darah putih di dalam tubuh untuk mendeteksi serta melawan virus dan bakteri. Saat menderita psoriasis, maka darah putih akan terganggu, akibatnya akan membunuh sel-sel kulit yang sehat, dampak dari darah putih yang tidak bekerja sesuai dengan fungsinya akan memicu respon imun tubuh.

Usut punya usut, yang akan terjadi adalah seluruh kulit tumbuh lebih cepat dan mengakibatkan kulit mengalami penebalan. Kulit terlihat bersisik dan bercak di permukaan kulit, adalah salah satu penyebab kerusakan sel darah putih.

Tips Menghilangkan Gatal dan Bintik Dikulit

Cara mengobati bintik merah yang ada di kulit gatal ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Bisa disembuhkan dengan cara luar dan dalam bisa dicoba. Berikut adalah tips mengobati atau menghilangkan rasa gatal dan bintik pada kulit.

1. Mengoleskan Memakai Bedak

Gatal akibat bintik merah pada kulit gatal dapat dilakukan dengan mengoleskan bedak dingin di tubuh. Banyak sebab kenapa tubuh menjadi berbintik dan gatal, bisa akibat keringat, darah kotor, alergi, bisa juga diakibatkan oleh genetik. Nah, pastikan terlebih dahulu penyebabnya. Jika bintik merah disertai dengan keringat, bisa di anginkan atau diberi bedak bubuk khusus gatal.

2. Mengkonsumsi Buah Mahoni

Mengkonsumsi buah mahoni mampu mengurangi rasa gata di dalam tubuh. Tubuh gatal bisa disebabkan oleh darah kotor dan infeksi di darah putih. Rasa pahit dan kandungan di buah mahoni ini mampu membantu kulit dan tubuh kembali netral, sehingga infeksi yang berpengaruh pada kulit melambat.

3. Mandi Dengan Air Sirih

Jika tidak suka mengkonsumsi buah mahoni atau tidak betah dengan bau bedak bayi atau bedak anti gata, bisa dicegah dan kurangi dengan cara mandi dengan air sirih. Air sirih yang digunakan adalah air sirih yang sudah di seduh pada air panas, dan diamkan untuk sementara waktu hingga daunnya layu.

Itulah sedikit ulasan bagaimana cara mengobati bintik merah pada kulit gatal. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk mendambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Selanjutnya : Contoh Surat Keterangan Sehat dari Dokter Puskesmas
Sebelumnya: Adakah Tempat Kursus Auto Cad Di Jawa Barat?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...