Biodata Lengkap Radjiman Wedyodiningrat


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas biodata lengkap Radjiman Wedyodiningrat dalam bentuk biografi singkat. Siapa sebenarnya tokoh bernama Radjiman Wedyodiningrat ini? Bagi pembaca yang suka membaca buku sejarah, tentu tak asing lagi dengan sosok Radjiman Wedyodiningrat. Bagi yang belum mengenal siapa Radjiman Wedyodiningrat, mari kita sedikit membahas tentang beliau.

Radjiman Wedyodiningrat

Radjiman Wedyodiningrat adalah keturunan bangsawan yang lahir di Yogyakarta pada 21 April 1879 dengan gelar Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T) Radjiman Wedyodiningrat.

Radjiman Wedyodiningrat ini adalah seorang dokter yang awal pendidikannya sungguh memprihatinkan karena sebenarnya Radjiman Wedyodiningrat tidak sekolah. Beliau hanya belajar dengan mendengarkan pelajaran yang diajarkan oleh guru Belanda di sebuah sekolah dari bawah jendela.

Sang guru yang merupakan orang Belanda ini ternyata mengetahui apa yang dilakukan oleh Radjiman Wedyodiningrat. Sang guru tersebut akhirnya merasa kasihan pada Radjiman Wedyodiningrat dan memutuskan untuk memperbolehkan Radjiman Wedyodiningrat masuk ke dalam kelas dan ikut belajar bersama anak lain.

Pada beberapa sumber biodata Radjiman Wedyodiningrat menyebutkan bahwa beliau akhirnya berhasil menjadi seorang dokter ketika menginjak usia 24 tahun dan beliau juga dikabarkan pernah belajar di beberapa  negara.

Tak hanya itu, sosok Radjiman Wedyodiningrat ini juga turut berjuang untuk merebut kemerdekaan melalui peran beliau di organisasi seperi Boedi Utomo. Radjiman Wedyodiningrat ini juga diketahui aktif berjuang melalui jalur diplomasi dan pernah menjabat sebagai ketua BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Sosok Radjiman Wedyodiningrat ini pernah menanyakan kepada Bung Karno mengenai apa dasar negara Indonseia jika kelak merdeka? Hal ini langsung dijawab oleh sang Proklamator dengan mantap, yakni Pancasila. Radjiman Wedyodiningrat ini juga pernah ke Saigon dan D Lat, Vietnam, bersama Bung Karno dan Bung Hatta untuk menemui pimpinan tentara Jepang.

Biografi dan biodata lengkap Radjiman Wedyodiningrat ini semoga menjadi suri teladan bagi kita semua dan mempertegas bahwa kemerdekaan Indonesia ini bukanlah sebuah pemberian, melainkan harus melalui perjuangan angkat senjata dan diplomasi.

Sosok Radjiman Wedyodiningrat ini berjuang melalui jalur diplomasi bersama tokoh-tokoh besar lainnya. Sampai di sini dulu kisah tentang Radjiman Wedyodiningrat, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Bukti-Bukti Peninggalan Kerajaan Demak
Sebelumnya: Mata Kail yang Baik untuk Ikan Air Tawar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar