Biodata Mr. Habibie

Bapak Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie, adalah putra kebanggaan Negara Indonesia. Pria kelahiran 25 Juni 1936 di Pare-pare Sulawesi Selatan, merupakan keturunan campuran dari seorang ibu orang Jawa dan seorang ayah orang Pare-pare. Biodata Mr. Habibie menjelaskan bahwa sejak kecil, beliau sudah menunjukkan kecerdasan dan ketertarikan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya fisika.

Setelah lulus SMA, beliau melanjutkan pendidikan S1 di Institut Teknology Bandung jurusan Teknik Mesin. Setelah menyelesaikan pendidikan S1, beliau melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule Jerman pada tahun 1955.

Ketika ingin melanjutkan program S3, beliau menikahi Ibu Hasri Ainun Besari tahun 1962 yang merupakan teman di SMA. Setelah menikah, beliau pun memboyong istrinya untuk tinggal dan mengejar karir di Jerman.

Karir Mr. Habibie di Luar Negeri – Jerman

Beliau sudah mulai bekerja ketika masih kuliah program S3, untuk memenuhi kehidupan keluarga dan membiayai kuliahnya. Beliau mendalami bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang hingga lulus S3 pada tahun 1965 dengan gelar Doktor Ingenieur atau Doktor Teknik dengan nilai Cum Laude.

Setelah lulus S3, beliau bekerja di Messerschmitt-Bolkow-Blohm (MBB), dan menjabat sebagai kepala penelitian dan pengembangan pada analis struktur pesawat terbang di tahun 1965-1969. Pada tahun 1969-1973 beliau diangkat menjadi Kepala Divisi Metode dan Teknologi pada industri pesawat terbang komersial dan militer di MBB.

Atas prestasi dan kinerja beliau yang sangat brilliant, beliau menjabat sebagai Wakil Presiden dan juga Direktur Teknologi di MBB dari 1973-1978. Tahun 1978 beliau juga menjadi penasehat senior bidang teknologi untuk para Dewan Direktur di MBB. Prestasi beliau yang cemerlang. menjadikan BJ Habibie sebagai orang Asia pertama yang menjabat sebagai Wakil Presiden di perusahaanpesawat terbang Jerman itu.

Selama bekerja di perusahaan MBB di Jerman, beliau banyak menyumbang hasil penelitian dan berbagai teori di bidang Thermodinamika, Konstruksi, dan Aerodinamika. Teori beliau yang sangat dikenal di dunia pesawat terbang diantaranya adalah ‘Habibie Factor’, ‘Habibie Method’, dan ’Habibie Theorem’.

Karir Mr. Habibie di Dalam Negeri – Indonesia

Kecintaan beliau terhadap tanah air, membuat beliau rela kembali ke Indonesia. Atas permintaan Pak Harto, beliau diangkat menjadi penasehat pemerintah yang berkedudukan langsung dibawah presiden, dibidang teknologi pesawat terbang dan teknologi tinggi tahun 1974-1978. Karena masih menjabat sebagai vice president dan Direktur Teknologi di MBB, beliau selalu pulang pergi Indonesia-Jerman demi tanggung jawab.

Ketika sudah melepaskan jabatannya di perusahaan MBB di tahun 1978, beliau mulai fokus di Indonesia sebagai mentri dan berbagai jabatan lainnya hingga tahun 1997. Pada tahun 1998, beliau diangkat menjadi presiden RI menggantikan pak Soeharto. Pada masa pemerintahan beliau yang singkat yaitu 1.4 tahun, beliau membuat landasan yang kokoh bagi Indonesia dengan membuat UU Anti Monopoli atau UU persaingan sehat. Kemudian merubah partai politik dan UU otonomi daerah.

Setelah turun dari jabatan sebagai presiden RI, beliau lebih banyak menghabiskan waktu dan tinggal di Jerman. Namun ketika SBY menjabat sebagai presiden, beliau kembali aktif dan pulang pergi Indonesia-Jerman sebagai penasehat presiden, serta mengawal proses demokrasi di Indonesia dengan mendirikan sebuah organisasi yang bernama Habibie Center.

Itulah artikel tentang biodata Mr. Habibie. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Biografi Britney Spears Lengkap
Sebelumnya: Macam-macam Aliran Darah Manusia dan Kelainannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini