Biografi Mozart dalam Bahasa Indonesia

Banyak orang yang ingin mengetahui biografi Mozart dalam bahasa Indonesia. Akhirnya saya putuskan untuk mencoba menuliskannya disini. Selamat membaca.

Mozart

Loading...

Namanya adalah Johan  Chrysostom Wolfgang Amadeus Mozart, ia seorang komponis Austria dan diakui sebagai salah satu composer terbesar.  Dilahirkan pada  tanggal 27 Januari 1756 di Salzburg. Ia adalah anak seorang pemimpin orkes, Leopold  di Salzburg  dan ketika Mozart lahir ia telah menulis buku tentang instruksi bermain biola.

Mozart menghasilkan 600 karya lebih dalam hidupnya, oleh sebab itu sebagian orang menyebutnya salah satu jenius  terbesar dalam peradaban barat.

Sejak dini ia sudah diberi pendidikan musik dan konser pertamanya pada saat ia sangat muda bersama Nannerl adiknya.  Pada usia nya baru tiga tahun ia sudah belakjar musik. Pada usia lima tahun ia telah  menulis karya dan kord-kord yang bagus.
Pada usia Mozart menginjak 7 tahun Leopold mengadakan tur konser Eropa Barat dan Mozart dan Nannerl ikut bermain dan berimprovisasi.

Mozart dijuluki anak ajaib sebagai pencipta simponi, konserto opera dan sonata.  Ia sangat jenius dalam dunia musik, musik gubahannya sangat mempesona. Iapun mendapat julukan “Sang Maestro Mozart” ketika usianya belum delapan tahun.

Dalam kehidupan Mozart pengaruh sang ayah sangat terlihat. Leopold sebagai ayah yang menjadi figure dominan. Sedangkan Mozart adalah anak yang taat dan patuh kepada keluarga terutama sang ayah.

Ayahnya merupakan borjuis lokal yang memiliki ambisi agar anak-anaknya bisa berhasil dan memiliki martabat yang tinggi.  Itulah sebabnya keluarga Mozart sangat menekankan agar anak-anaknya bekerja keras, jujur , cepat melunasi tagihan dan setia pada pasangan.

Hubungan ayah dan anak tampak begitu jelas,  Leopold adalah  guru, penasihat, sekretaris, perawat, kolaborator agen pers, impresario dan pemandu sorak bagi Mozart.
Leopold  Mozart merupakan orang yang paling berperan dan berjasa dalam kehidupan sang maestro. Namun ada sikap ayahnya yang menekan, sehingga Mozart hanya hidup dibawah bayang-bayang ayahnya.

Ayahnya sangat khawatir  masalah  keuangan keluarga  yang ditopang dari kegiatan bermusik. Mozart sebagai tumpuan hidup keluarga. Karena ia adalah komponis pertama yang berusaha hidup dari pekerjaannya sebagai pemain musik.

Banyak orang mengira bahwa Mozart orang jenius dan seni datang dengan mudah padanya. Ia  menyangkal anggapan orang eperti itu, karena ia telah menghabiskn banyak waktu sejak ia kecil agar ia bisa seperti ini.

Itulah sekilas mengenai biografi Mozart dalam bahasa Indonesia, sebenarnya masih banyak kisah hidupnya yang menarik. Mudah-mudahan pengantar ini bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Keunikan Dunia Hewan
Sebelumnya: Alam Pikiran Manusia dan Perkembangannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar