Biografi Plato, Filsuf dan Matematikawan Yunani

Siapa yang tidak mengenal Plato? Plato adalah seorang filsuf dan matematikawan yang berasal dari negara Yunani. Menurut biografi Plato, filsuf sekaligus matematikawan terkenal asal Yunani ini dilahirkan di Athena, pada tahun 427 sebelum masehi dan meninggal di usia 80 tahun pada tahun 347 sebelum masehi.

Biografi Plato

Plato lahir dari keluarga aristokrasi yang memegang peran politik di kota Athena. Oleh sebab itu, Plato bercita-cita ingin menjadi seorang negarawan ketika besar nanti. Sayangnya, selama masa hidupnya, Plato tak dapat masuk ke dunia politik dan menjadi sorang negarawan seperti yang ia cita-citakan. Bahkan, menurut beberapa sumber, sebelumnya Plato menggunakan nama Aristokles yang kemudian namanya diganti menjadi Plato oleh gurunya.

Mengapa ia menggunakan nama Plato? Karena menurut gurunya, Plato memiliki bahu yang cukup lebar sehingga ia pantas menggunakan nama Plato. Sejak kecil, Plato kurang begitu menyukai pelajaran politik, ia lebih suka belajar musik dan membuat sajak-sajak atau puisi.

Mendekati dewasa, seorang Plato telah pandai membuat karya berupa karya sastra yang bersajak. Kemudian, Plato mengenal ilmu filosofi dari Kratylos yang merupakan murid dari Herakleitos.

Hal yang paling disukai oleh Plato adalah ilmu yang ia pelajari dari Socrates yang ia ikuti sejak ia berusia 20 tahun. Bagi Plato, ilmu yang dimiliki oleh Socrates ini mampu memuaskan rasa keingintahuannya dan akhirnya Plato menjadi salah satu murid setia Socrates hingga akhir hayatnya.

Berkat banyaknya ilmu yang ia pelajari, Plato memiliki kemampuan yang luar biasa dalam memadukan ilmu, seni dan filosofi. Kemampuan yang dimiliki Plato ini ternyata tak dapat ditandingi oleh filsuf yang ada saat itu atau sebelum masa Plato. Pengaruh ilmu dan karya Socrates sangat kuat dalam diri Plato inilah yang membuatnya memiliki kemampuan yang luar biasa.

Setelah Socrates yang merupakan guru favoritnya meninggal, Plato memutuskan untuk pergi ke Athena dan memulai pengembaraan selama 12 tahun yang dimulai pada tahun 399 sebelum masehi. Plato akhirnya pergi ke Italia yang saat itu dipimpin oleh seorang raja yang jahat bernama Dionysios. Raja tersebut mengajak Plato agar tinggal di istananya.

Plato akhirnya berkenalan dengan Sion yang merupakan ipar sang raja yang akhirnya menjadi sahabat karibnya.
Demikian artikel singkat tentang Biografi Plato, Filsuf dan Matematikawan Yunani ini. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Perjalanan Bahan Makanan di Dalam Sistem Pencernaan pada Manusia
Sebelumnya: Habitat Cendrawasih di Papua Mengalami Kepunahan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...