Langkah Memulai Bisnis Makanan Kecil-kecilan

Bisnis makanan kecil-kecilan menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan, karena makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh manusia setiap harinya. Karena itu pula bisnis makanan kecil-kecilan tersebar dimana-mana. Karena banyak pesaing, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnis Anda berjalan lancar dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Menyukai dan Menguasai Pembuatan Kue

Loading...

Mengerjakan sesuatu karena rasa suka akan lebih menyenangkan dijalaninya dibandingkan hanya karena alasan lainnya. Walaupun Anda mempekerjakan orang untuk proses pembuatan, sebaiknya Anda pun suka dan menguasai pembuatan makanan kecil.

Karena dengan itu Anda dapat mengetahui kesulitan dan cara mengembangkan usaha makanan. Jika Anda dapat menguasai pembuatan makanan, akan muncul motivasi yang lebih besar dan keinginan untuk mengekplorasi jenis-jenis makanan lainnya.

Mencari Pengetahuan dan Lakukan Penelitian

Untuk memulai usaha ini Anda harus memahami cara dan usaha. Mempelajari bisnis makanan kecil bisa dengan cara melakukan survey ke tempat-tempat yang menjual makanan kecil, contohnya pasar, supermarket, kantin-kantin di sekolah, dsb. Lakukan studi banding.

Ikuti jika ada pelatihan dan seminar mengenai pembuatan kue dan pemasaran dalam hal bisnis khususnya makanan kecil. Mengikuti pelatihan atau seminar dapat menambah pengetahuan dan informasi berupa pengalaman dari mereka yang sudah berhasil, dan mengetahui apa yang menyebabkan kegagalan dan keberhasilan bisnis.

Tentukan Jenis Makanan

Setelah Anda benar-benar yakin akan menjalankan bisnis makanan, tentukan jenis makanan apa yang akan diproduksi, apakah kue kering atau basah. Dan tentukan pula rasa yang dan banyaknya makanan yang akan diproduksi.

Tentukan Target Sasaran dan Pasar

Setelah menentukan jenis makanan tentukan target sasaran. Kemudian pilih tempat yang belum atau tdak banyak menjual makanan kecil lainnya, terutama makanan yang sejenis.  Segmen pasar/target yang menjadi sasaran menentukan jenis, kualitas, kemasan dan makanan kecil yang Anda pasarkan.

Siapkan Modal

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis makanan kecil berbeda-beda, tergantung bahan-bahan yang dibutuhkan dan peralatan yang dibutuhkan. Untuk menjalankan bisnis makanan kecil modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, bisa jadi hanya Rp 200.000,- pun bisa direalisasikan, namun sejalan dengan berkembangnya usaha Anda tentu saja modal yang dibutuhkan akan lebih besar. Karena jumlah dan jangkauan pasarnya menjadi lebih banyak dan luas.

Ciri Khas yang Berbeda

Cari ciri khas yang membedakan produk Anda dengan produk orang lain. Namun yang utama adalah jadikan rasa makanan kecil Anda lebih unggul dan nikmat. Walaupun banyak makanan yang jenisnya sama, umumnya pembeli akan membandingkan cita rasa makanan. Perhatikan model kemasan yang akan digunakan, karena kemasan akan mempengaruhi keinginan untuk membeli.

Variasikan Bentuk dan Rasa

Buat satu atau jenis makanan yang menjadi unggulan atau bisa dengan memodifikasi makanan yang diproduksi. Misalnya donat yang Anda variasikan dengan rasa yang lain daripada yang lain.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut diharapkan dapat membantu untuk fokus dan mengerjakan bisnis makanan dengan planning/perencanaan yang jelas. Dengan demikian bisnis makanan kecil-kecilan yang Anda jalani bisa membawa keuntungan besar. Selamat mencoba.

Loading...
Selanjutnya : Limbah Cair dan Penanganannya
Sebelumnya: Lebih Bagus Canon Atau Nikon DSLR
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar