Bisnis Perkebunan Coklat


Bisnis perkebunan coklat merupakan usaha primadona sektor pertanian. Coklat atau kakao adalah komuditas ekspor yang  paling stabil harganya. Kebutuhan pasar internasional akan kakao dari Indonesia sangat tinggi. Angka ekspor kakao dunia sementara ini masih di pegang Pantai Gading, menguasai 38 % pasar kakao, sedangkan Indonesia menduduki peringkat ke-3 dengan total produksi pertahun 25 ribu ton atau merebut kue pasar sebanyak 13%.

Sebenarnya Indonesia punya potensi menggenjot produksi kakao lebih banyak lagi. Mengingat ketersediaan lahan produksi masih luas. Sedangkan harga jual coklat kering di tingkat petani kisaran Rp.20.000/kg untuk grade A sedangkan grade di bawahnya Rp.15.000/kg. Harga ini menegaskan bahwa bisnis kebun coklat menjanjikan keuntungan besar.

Kakao memasuk kategori tanaman keras atau perennial.Maksudnya pohon kakao akan berbuah ketika pohon berusia di atas tiga tahun. Manfaat ekonomis yang diambil dari kakao adalah biji-biji buah kakao. Kualitas biji kakao kering diukur dari kadar lemak yang terkandung di dalamnya. Semakin banyak lemak kakao, harganya semakin tinggi.

Tanaman kakao bisa tumbuh baik pada negara yang beriklim tropis dengan curah hujan sedang, seperti di Indonesia. Berikut ini merupakan penjelasan syarat minimal bisnis budidaya kakao.

Lahan

Lahan yang cocok untuk bertanam coklat minimal dengan ketinggian 800 dpl (di atas permukaan laut). Dengan suhu ideal antara  30 sampai 19 celcius. Selain itu, kualitas tanah harus mengandung banyak unsur hara, dengan PH 5,6.

Bibit

Langkah kedua adalah pengadaan bibit. Bibit kakao diperoleh dari hasil steak, cangkok, atau okulasi dari pohon induk. Tujuannya agar mempercepat pertumbuhan dan diharapkan menghasilkan mutu buah yang sama seperti indukan.

Perawatan

Langkah selanjutnya adalah perawatan rutin. Perawatan terdiri dari tiga tahap, yakni perawatan pasca penanaman bibit, perawatan pohon muda, dan perawatan pohon produktif.   Yang perlu diperhatikan adalah pemberian pupuk kandang minimal tiga bulan sekali, pembasmian kutu dan gulma, serta penyiangan rumput.

Panen

Pemetikan buah harus selektif, pilihlah buah yang matang ditandai dari warna kulit buah yang merah menyala. Sedangkan yang masih hijau biarkan dulu sampai matang. Sekian sekilas bisnis perkebunan coklat dan cara berkebunnya agar menghasilkan buah coklat yang bagus dan berkualitas. Semoga uraian tersebut bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Mengenal Ciri-ciri Laki-laki Sholeh
Sebelumnya: Kegunaan Kristal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar