Cara Pencegahan Bisulan Telur pada Anak-anak

Bisulan telur merupakan sebutan penyakit bisulan yang muncul setelah mengkomsi telur, sebenarnya anggapan ini perlu dikajiulang. Penjelasan dari berbagai ahli medis mengatakan tidak ada hubungan erat antara bisulan dan makan telur, ini hanya sebuah mitos yang coba menghubungkan bisulan dengan pola makan seseorang. Telur merupakan makanan yang padat gizi, sehingga telur juga dapat menjadi sumber protein bagi anak-anak dan dewasa.

Mengurai Mitos Bisulan Telur

Telur merupakan bahan makanan yang mudah didapatkan dan mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi. Banyak makanan dan masakan tanah air yang memakai telur sebagai bahan pembuatnya. Sehingga bila orang tua menganggap bisulan terkait dengan konsumsi telur, bisa dipastikan anaknya akan dijauhkan dari jenis makanan bergizi ini. Bila bisulan tidak diakibatkan makan telur, lalu apa penyebab sebenarnya?

Bisulan dalam kamus medis dinamakan dengan furunkel, penyakit ini adalah radang atau infeksi yang diakibatkan kuman staphylococcus aureus. Penyakit bisul bisa menjangkiti semua golongan umur, tetapi bisulan sering ditemui pada anak kecil dan balita. Anak-anak sebagaimana umumnya mereka akan beraktivitas tanpa memperhatikan kebersihan, kondisi inilah yang memungkinkan bakteri staphylococcus aureus masuk dalam tubuh.

Kebersihan menjadi faktor penting dalam proses terjadinya infeksi bakteri ke dalam tubuh. Infeksi semakin berpeluang besar bila saja lingkungan sekitar tidak bersih. Namun jangan membatasi anak-anak untuk berkreativitas atau bermain, sebab usia balita dan anak-anak itu adalah waktu terbaik bagi perkembangan motorik dan intelejensi seseorang.

Mengobati dan Mencegah Bisulan

Pencegahan terhadap penyakit bisulan bisa dengan jalan membiasakan pola hidup bersih pada anak-anak. Semisal membiasakan membersihkan tangan dan tubuh setelah bermain di tempat yang kotor, mandi 2 kali sehari dan kebiasaan baik lainnya.

Lingkungan rumah sebagai tempat tinggal anak-anak juga harus dijaga kebersihannya setiap saat. Bila kebersihan rumah didorong karena desain rumah yang tak sehat, sebaiknya sedikit demi sedikit melakukan perbaikan rumah agar bertambah higienis.

Pencegahan lain yang dapat dilakukan yakni dengan melarang anak-anak sering menggaruk-garuk kulitnya saat gatal. Kulit yang digaruk akan terluka, lewat luka itulah bakteri staphylococcus aureus bisa menyerang. Bagi mereka yang sudah bisulan sebaiknya diobati dengan salep antibiotik, jenis pengobatan luar memakai salep lebih efektif dan cepat menyembuhkan bisul.

Demikianlah ulasan cara mengobati bisulan telur yang baik, tetap berikan makanan bergizi dan jagalah kebersihan anak-anak setiap hari. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Munculnya Jenis-Jenis Nama Penyakit Dalam Bahasa Inggris
Sebelumnya: Mengenal Lebih Jauh Binatang Guinea Pig sebagai Peliharaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...