Browser yang Paling Ringan dan Cepat


Percaya tidak percaya ada yang membuktikan bahwa browser yang paling ringan dan cepat itu tidak ada. Yang paling ringan, ternyata bukan paling cepat. Yang paling cepat bukan paling ringan. Yang terfavorit pun bukan yang teringan. Pembuktian paling ringan itu terlihat dari berapa memori yang digunakan.

Yang paling ringan menurut penelitian itu adalah Internet Explorer 10 yang hanya memakan 26 Mb RAM. Yang paling berat itu, Opera yang membutuhkan 157 Mb RAM. Sedangkan Mozilla Firefox yang dikatakan sebagai browser paling favorit, menggunakan 64 MB RAM. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa yang paling ringan itu adalah Google Chrome. Alat ukur berbeda, menghasilkan pemenang yang berbeda.

Yang sedang  browsing dengan Mozilla Firefox mungkin karena sudah merasa nyaman. Ketika awal diluncurkan, agak sulit bagi Mozilla untuk bersaing dengan Internet Explorer yang telah ‘tertanam’ di setiap komputer keluaran Microsoft. Seiring dengan bergulirnya waktu, Mozilla bisa menarik perhatian.

Jenis Browser yang Dikenal

Ada banyak jenis browser dan tidak hanya Mozilla Firefox. Masih ada Internet Explorer yang kini telah memasuki generasi ke-10 sehingga lebih terkenal dengan nama Internet Explorer 10. Yang kini hanya dipakai oleh kalangan tertentu. Beberapa pihak terus mengembangkan browser termasuk negara Tirai Bambu, China. Percaya tidak percaya, bila menggunakan Javascript, browser yang tercepat nomor dua itu adalah Maxthon. Inilah browser buatan China.

Yang menempati nomor wahid adalah Google Chrome. Bagaimana dengan Mozilla? Browser dengan ikon yang baru diganti ini ternyata hanya menduduki nomor tiga. Yang keempat ditempati oleh Opera. Tampaknya, setiap browser ini mempunyai keunggulan sendiri-sendiri. Para pengguna komputer pun memilih browser sesuai dengan kebutuhannya. Jangan heran pula kalau ada orang yang menggunakan lebih dari satu browser sekali menjalankan operasi komputer.

Dengan menggunakan lebih dari satu browser, artinya pekerjaan memang bisa dilakukan dengan lebih cepat terutama bila sedang mengunduh banyak aplikasi. Memang dibutuhkan keahlian tertentu agar bisa memanfaatkan semua jenis browser. Walaupun ada yang berpendapat bahwa tidak ada browser yang paling ringan dan cepat, yang pasti ada yang paling favorit.

Selanjutnya : Keunikan Buaya Muara Terbesar di Dunia
Sebelumnya: Biologi tentang Klasifikasi Makhluk Hidup
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar