Buah-buahan untuk Ibu Menyusui


Buah-buahan untuk ibu menyusui sepertinya menjadi salah satu menu penting yang harus ada dalam menu harian untuk ibu-ibu yang memiliki bayi. Kehadiran buah-buahan merupakan salah satu item yang harus dikonsumsi, mengingat ibu yang sedang menyusui sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat. Bukan hanya dianjurkan, tetapi ‘diwajibkan’ memerhatikan asupan makanannya yang baik untuk dirinya dan juga bayinya.

Dengan memerhatikan ragam makanan yang dikonsumsi, berarti sang ibu sangat memerhatikan perihal nutrisi yang harus diterima si bayi untuk tumbuh kembangnya menjadi anak yang sehat dan cerdas. Karena si bayi belum bisa makan sendiri, maka dirinya bergantung kepada ibunya dengan jalan meminum ASI-nya.

Tidak hanya demi meningkatkan kualitas air susunya, mengonsumsi makanan sehat selain bisa memberikan nutrisi terbaik untuk buah hati dan juga meningkatkan energi yang sangat berguna untuk ibu yang memerlukan banyak energi untuk mengurus buah hatinya.

Selain itu, dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi bisa meningkatkan imun tubuh sehingga si ibu dan bayinya tidak mudah sakit.   Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas ASI, para ibu sangat perlu memperhatikan asupan makanannya, termasuk mengonsumsi buah-buahan yang baik untuk air susunya.

Beragam Buah untuk Ibu Menyusui

Beberapa buah yang baik untuk ibu menyusui harus mengandung banyak vitamin A, C, K, B1, B2, B12, asam folat dan niasin. Buah-buahan yang kaya vitamin, antara lain terdapat pada stroberi, blueberry, alpukat, anggur, kiwi, jeruk dan lain sebagainya.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengonsumsi buah. Bisa dengan dijus terlebih dulu atau dinikmati dalam keadaan segar. Agar hasilnya bisa maksimal, dalam mengonsumsi buah takaran porsi buah yang harus dinikmati oleh ibu yang sedang menyusui berkisar pada angka 3-5 porsi per harinya.

Selain memerhatikan asupan buah, penting juga memperhatikan asupan dari makanan lain seperti sayuran, ikan, dan sebagainya. Semua bahan ini akan bahu membahu meningkatkan kualitas susu ibu serta menjaga kesehatan ibu dan bayinya.

Demikian pembahasan singkat tentang Buah-Buahan untuk Ibu Menyusui. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Perusahaan Telekomunikasi Berkembang Pesat di Indonesia
Sebelumnya: Lima Member Boyband Paling Tampan di Korea Selatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar