Kenapa Buah Kelapa Sawit Tidak Mau Besar?

Banyak faktor yang menyebabkan buah kelapa sawit tidak mau besar. Seperti cara perawatan dan pemeliharaan yang salah, lahan yang kurang subur hingga mutu bibit yang tidak bermutu. Hal ini tentu akan menyulitkan bagi Anda pembudidaya kelapa sawit. Apalagi kelapa sawit merupakan tumbuhan yang penting bagi dunia industri.

Seperti yang diketahui, buah kelapa sawut merupakan penghasil minyak untuk masak, minyak untuk industri hingga minyak bahan bakar (biodiesel). Oleh sebab itu, buah kelapa sawit yang tidak berkembang akan merugikan banyak pihak. Secara alami, kelapa sawit tumbuh subur di daerah Aceh, pesisir timur Sumatera, Jawa, Kalimantan hingga Sulawesi. Sayangnya, demi mencari keuntungan, banyak hutan dibabat dan dibakar untuk membuka lahan perkebunan.

Loading...

Bibit Kelapa Sawit

Kelapa sawit yang memiliki nilai ekonomis tinggi, ternyata menjadi peluang orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mulai banyak ditemukan bibit sawit palsu yang disinyalir menjadi alasan buah kelapa sawit tidak mau besar. Bibit palsu ini pada dasarnya merupakan bibit sawit biasa atau bibit sawit liar. Bibit ini tentu berbeda dengan bibit sawit perkebunan yang menghasilkan buah-buah yang besar dan banyak. Bibit perkebunan merupakan benih hasil hibrida antara sawit Afrika dan sawit Amerika Tengah.

Bibit sawit biasa dan bibit sawit hibrida memiliki perbedaan yang signifikan. Benih sawit liar sering dimanfaatkan untuk tanaman hias. Tanaman ini berumur panjang dan cukup kecil. Untuk masa berbuah, tanaman ini baru akan berbuah setalah mencapai usia 4 tahun. Hasil buah pun kecil dan tidak terlalu besar. Kadar minyak dalam buah bibit sawit biasa ini juga sedikit.

Berbeda dengan benih hibrida. Benih hibrida mampu tumbuh besar dan sudah mampu berbuah pada usia 2,5 tahun. Buah yang dihasilkan pun besar dan mengandung cukup banyak kadar minyak. Oleh sebab itu, benih hibrida menjadi pilihan industri. Walaupun demikian, bukan berarti semua hasil hibrida mampu menghasilkan keuntungan. Karena proses penyilangan sawit sendiri cukup sulit. Hasil hibrida yang berkualitaslah yang diterpilih untuk ditanam.

Faktor Perawatan

Selain bibit yang tidak bermutu, faktor lain yang menyebabkan buah kelapa sawit tidak mau besar ialah faktor perawatan dan pemeliharaan. Untuk perkebunan kelapa sawit di lahan kering sebaiknya menggunakan sistem lembah tangkapan air. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan air dan mencegah terhamburnya pemupukan. Untuk lahan yang memiliki kandungan asam tinggi, bisa menetralkan lahan dengan penggunaan pupuk abu dan tanah kapur.

Loading...
Selanjutnya : Buah-buahan untuk Melancarkan Peredaran Darah
Sebelumnya: Penulis-penulis Mancanegara yang Sukses karena Mengarang Cerita Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar