Tentang Buah Nangka


Buah nangka merupakan salah satu buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Bentuk buahnya besar-besar jika matang aromanya tercium menyengat hidung. B

uah ini bisa hidup di berbagai kontur tanah baik dataran tinggi maupun dataran rendah tepi pantai. Buah muda bisa dijadikan bahan masakan khas Nusantara. Salah satu masakan khas dari buah ini muda adalah gudeg nangka.

Gudeg merupakan masakan yang banyak digemari masyarakat Jawa. Masakan ini bisa bertahan bebarapa hari, asalkan selalu dipanaskan di atas api kecil. Sedangkan pada pohon nangka ada bagian-bagian yang dimanfaatkan untuk kepentingan manusia dan ternak.

Salah satunya  daun nangka yang dipakai untuk makanan kambing. Peternak kambing ketika kesulitan mencari rumput, mereka mengganti dengan daun-daun nangka hijau.

Ciri-ciri Buah

Pohon nangka masuk dalam kelompok tanaman keras. Pohon ini bisa tumbuh hingga  20 meter tingginya. Umur 3 tahun pohon sudah mengeluarkan buah. Ketika pohon mulai bermunculan bunga, kemudian proses penyerbukan diserahkan kepada bantuan serangga, seperti lebah dan lalat yang menghisap putih sari bunga. Setelah terjadi proses penyerbukan. Maka berlahan muncul bakal-bakal buah.

Uniknya buah ini tumbuh bukan pada pucuk rantingnya melainkan bermunculan pada batang-batang utama dan pangkal dahan. Buah ini bisa membesar hingga mencapai garis lingkar 130 cm. Ciri nangka kulit luarnya bergerigi, jika sudah matang kulitnya yang hijau berubah menguning dan mengeluarkan aroma harum menyengat.

Jika dibuka terdapat daging buah yang berwarna kuning cerah diantara lapisan-lapisan daging keras. Buah ini dilindungi oleh getah atau pulut yang terkenal sangat lengket. Buah ini rasanya manis dan renyah. Di dalam daging buah ini terdapat satu butir biji yang cukup keras.

Macam-macam Olahan Nangka

Nangka bisa dijadikan berbagai macam olahan makanan yang menarik dan enak.  Berikut ini macam-macam olahan nangka.

  • Kripik Nangka

Nangka yang rasanya manis  ini bisa diolah menjadi kripik renyah. Hebatnya walau telah digoreng dalam minyak panas ternyata tak merubah warna nangka, masih tetap kuning dan aromanya juga masih sama.  Sentra penghasil kripik nangka terdapat di Lampung dan Malang, Jawa Timur.

  • Campuran Es Buah

Nangka segar bisa dipakai sebagai bahan membuat es buah atau sup buah, dicampur bersama aneka buah-buahan. Aroma nangka yang kuat dipakai untuk paduan rasa.

Sekian tentang aneka olahan buah nangka. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda yang mneyukai buah dan olahan dari nangka.

Selanjutnya : Film Bertema Cerita Kisah Cinta Romantis
Sebelumnya: Nama-nama Unik dalam Dunia Kuliner
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar