Beragam Manfaat Buah Pir


Pada masa kini, hampir tidak ada yang tidak mengenal buah pir. Buah yang dikenal dengan kesegarannya serta aromanya yang harum. Sungguh nikmat dimakan langsung pada saat cuaca panas, dan tak kalah nikmat jika dijadikan jus ataupun campuran es buah.  Meskipun buah ini sudah demikian populer tidak semua orang mengetahui  manfaat serta kebaikan dari buah satu ini.

Asal Mula Dikenal Dunia

Buah pir, atau dalam penulisan bahasa inggris pear merupakan buah yang digemari sebagian besar penduduk dunia. Pertama kali diperkenalkan oleh para bangsawan Eropa, buah satu ini langsung menjadi primadona menggeser apel yang juga merupakan buah favorit dengan tekstur hampir serupa.

Diketahui pir berasal dari negara beriklim subtropis di Asia dan Eropa barat, buah ini juga memiliki berbagai macam jenis dan bentuk. Di Indonesia jenis yang paling populer adalah Pir Shandong yang berbentuk bulat hampir bulat sempurna dan berwarna kuning, daging buah berwarna putih berair serta memiliki biji seperti buah apel. Aroma buah yang harum dan khas membuat pir dijadikan bahan beraneka macam hidangan, mulai dari minuman yang menyegarkan hingga sayur dan olahan masakan lainnya, terutama pada masakan Korea, Cina dan Jepang.

Manfaat dan Kandungan Gizi

Meskipun memiliki bentuk, tekstur dan sifat yang hampir sama dengan apel. Namun, ternyata terdapat perbedaan dalam hal kandungan gizi pada kedua buah ini. Jika apel dikenal kaya dengan vitamin A, maka pir dikenal dengan serat atau dietary fibernya yang tinggi. Hal ini berguna untuk mengatasi masalah pencernaan, radang usus, kegemukan dan kolesterol tinggi.

Selain kaya serat, buah ini juga kaya akan vitamin C. Vitamin C dalam buah ini mampu mengatasi masalah imunitas, mempercepat proses sembuh luka di dalam dan luar tubuh, meregenerasi pembentukan  kolagen, serta vitamin C adalah salah satu zat penting bagi otak, yang biasa juga dikenal sebagai makanan otak.

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, kandungan lain seperti kalium dan tembaga juga sangat aktif dalam membantu metabolisme tubuh, menjaga kebugaran dan kestabilan aliran darah. Oleh karena itu, sungguh merugi jika masih ada orang yang mengaku tidak menyukai buah pir. Karena selain rasanya yang manis dan segar buah ini juga mengandung beragam manfaat.

Selanjutnya : Mengenal Kerajinan dari Bubur Kertas Koran
Sebelumnya: Buah-Buahan untuk Rujak Kanitren (Tujuh Bulanan)
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar