Manfaat dan Cara Memberikan Buah untuk Burung Kacer

Manfaat buah untuk burung kacer rupanya tidak hanya berguna untuk mengenyangkan perutnya saja. Tapi masih ada beberapa fungsi lain yang juga tidak kalah untuk perkembangan Kacer. Karena itu agar bisa mendapatkan hasil yang sempurna, harus bisa mengetahui teknik pemberian makanan buah tersebut.

Manfaat Buah untuk Kacer

Tidak berbeda dengan manusia, buah yang disantap oleh burung, terutama jenis burung berkicau juga menjadi sumber untuk mendapatkan mineral, vitamin, energi serta nutrisi lainnya misalnya karbohidrat.

Pemberian makanan berbentuk buah juga berguna untuk menurunkan birahi pada burung, meski tidak begitu signifikan. Salah satu jenis buah yang mampu mengurangi rasa birahi tersebut yaitu papaya, karena sifatnya yang dingin.

Dan yang tidak kalah penting, untuk burung Kacer pemberian buah bisa menjadikan binatang ini makin rajin berkicau. Sekaligus membuat suaranya terdengar lebih tajam dan jernih. Adapun jenis buah lain yang mempunyai kegunaan seperti ini yaitu buah pir dan apel.

Buah lain, misalnya pisang juga bisa diberikan pada Kacer, terutama yang tubuhnya terlihat lebih kurus. Karena kandungan kalori dalam pisang termasuk tinggi. Dan selain menggemukkan tubuh, buah ini juga bisa membuat kesehatan dan staminanya makin bertambah prima.

Tips Memberikan Buah Pada Burung Kacer

Seperti burung berkicau lainnya, Kacer memang tidak begitu tertarik makan buah. Namun apabila dipelihara sejak kecil atau lolohan, burung tersebut bisa dilatih makan buah-buahan. Sangat beda dengan burung yang sudah dewasa, pelatihan ini sulit dilakukan.

Meski ada yang mau menyantap buah, namun sebagian besar tidak mau memakannya. Karena itu harus menerapkan strategi khusus, sehingga burung Kacer tetap mau makan buah yang disediakan untuknya.

Pertama buatlah makanan dari buah, namun dicampur dengan jenis lainnya seperti kroto. Sebelumnya buah untuk burung Kacer tersebut harus dihaluskan atau diparut. Hasil parutan ini kemudian diperas dan diambil ampasnya, lalu dikeringkan sebentar.

Lama kelamaan burung kacer akan terbiasa dengan aroma dan rasa buah. Selanjutnya, buah untuk Kacer tersebut bisa diberikan secara langsung, namun harus dipotong-potong kecil.

Apabila teknik pertama ini tidak bisa berjalan, masih ada cara lain yang dapat diterapkan dengan mudah. Caranya siapkan saja makanan yang disukai burung Kacer seperti jangkrik atau serangga lainnya. Kemudian jangkrik tersebut diberi makanan buah. Hal ini juga dapat diterapkan pada ulat, baik ulat hongkong atau ulat jerman.

Setelah itu tunggu sekitar satu hingga dua jam, hingga buah tersebut masuk dan terserap dalam tubuhnya. Barulah setelah itu, serangga ini dapat diberikan pada burung kaacer sebagai santapan. Meski tidak memakannya secara langsung, tapi buah untuk burung kacer ini tetap bisa memberi manfaat walau proses pemberiannya tidak dijalankan secara langsung.

Selanjutnya : Buang Air Kecil Tidak Bertenaga Pada Pria
Sebelumnya: Buah Buat Obat Panas Dalam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...