Buah Untuk Penderita Maag


Memilih buah untuk meredakan maag harus selektif. Buah yang masih muda dan rasanya masam, jangan dulu disantap. Ada beberapa macam buah yang aman bagi lambung dan menyehatkan. Vitamin C yang terdapat dalam buah segar bisa memulihkan luka pada dinding lambung.

Maag merupakan penyakit yang disebabkan oleh pola hidup yang keliru. Kebiasaan menunda-nunda makan dan membiarkan terus-menerus lambung kosong menyebabkan naiknya asam lambung. Akibat paling parah adalah lambung bisa terluka. Padahal ada sejumlah penyakit sekunder yang bermula dari maag, antara lain tipus dan peradangan usus.

Ketika seseorang terkena maag, proses penyembuhannya cukup lama. Selain itu dia juga membatasi makanan yang dikonsumsinya. Selama seminggu sementara harus mengonsumsi makanan halus seperti bubur, nasi tim, dan bubur oat. Makanan terlalu pedas, asam atau terlalu asin diharamkan bagi penderita maag, karena bisa memicu penyakit tersebut kambuh lagi.

Karakter buah-buahan yang aman untuk penderita maag antara lain dari segi rasa lebih manis dan banyak berair. Selain itu mudah dicerna dalam lambung dan tak mengeluarkan gas.

Di bawah ini merupakan nama-nama buah-buahan yang aman bagi penderita maag:

1. Pir

Buah pir atau pir direkomendasikan oleh dokter untuk banyak dikonsumsi. Buah ini mengandung banyak air dan vitamin C.

2. Pisang

Pisang menjadi alternatif makanan bagi penderita maag akut. Daging pisang lembek dan tak ada rasa masam sama sekali, sehingga aman dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, pisang juga mengandung karbohidrat sehingga bisa dijadikan sumber energi. Sedangkan kandungan kalium pada pisang, bermanfaatkan menurunkan kadar PH dalam lambung yang terlalu tinggi akibat maag.

3. Jeruk

Jeruk selain kaya akan vitamin C, juga mengandung senyawa asam askorbat dan asam asetat, kedua zat ini bermanfaat menyembuhkan luka-luka pada dinding lambung.

4. Jambu biji

Guava atau jambu biji ternyata bisa menjaga kondisi lambung tetap sehat pasca serangan maag. Selain itu, buah ini berkasiat melancarkan fungsi-fungsi organ pencernaan.

Selanjutnya : Deskripsi Ucapan Selamat Tidur Yang Simpel
Sebelumnya: Macam-macam Cara Pemuliaan Tanaman Adalah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar