Buah Untuk Sakit Demam


Memilih buah untuk sakit demam prinsipnya adalah buah-buahan yang bersifat menurunkan panas seketika dan tak menimbulkan gangguan pada organ pencernaan. 

Demam merupakan gejala umum bahwa imun tubuh (sel-sel antibodi) tengah berjuang mempertahankan diri dari serangan-sarangan virus penyakit. Sel-sel antibodi bekerja keras membunuh kuman /virus jahat yang menyerang melalui darah merah.

Ketika demam, suhu tubuh naik menjadi 36 sampai 39 . Ketika kondisi suhu panas seperti ini dibutuhkan upaya pendinginan eksternal maupun internal. Tindakan pendinginan eksternal berupa pengompresan badan dengan air biasa dengan suhu rungan. Cara pengompresan dengan handuk yang dibasahi air kemudian ditempelkan pada kening dan kepala.

Tindakan pendinginan internal penderita demam disarankan banyak minum air putih, obat parasetamol, atau buah-buahan yang bersifat menurunkan suhu tubuh.

Demam kerap melanda anak-anak, dan setelah demam berhenti biasanya meninggalkan penyakit batuk pilek atau flu pada kasus orang dewasa. Demam seperti ini dikategorikan sebagai penyakit ringan dan bisa disembuhkan sendiri dengan terapi asupan buah-buahan.

Berikut ini macam-macam buah yang berkasiat menurunkan demam dan aman bagi lambung:

1. Bengkuang

Bengkuang memberikan efek mendinginkan suhu tubuh saat demam. Bengkuang diberikan kepada penderita dewasa dan disajikan dalam irisan kecil-kecil. Sedangkan untuk penderita anak-anak caranya bengkuang diparut, kemudian airnya diperas, hingga setengah gelas. Baru diminumkan secara berkala.

2. Jeruk nipis

Air perasan jeruk nipis ditambah dengan sedikit air hangat dan satu sendok makan madu efektif menurunkan demam tinggi pada anak dan orang dewasa. Khasiat air jeruk nipis ini bisa meredakan suhu dalam lambung dan meredakan rasa mual yang biasanya menyertai saat demam. Selain itu, air perasan jeruk nipis juga bermanfaat melancarkan urine saat kita masuk angin atau radang tenggorokan.

3. Apel

Buah apel mengandung banyak air dan vitamin C, serta vitamin A. Bisa dipakai sebagai obat alternatif pereda demam. Caranya ambil tiga biji buah apel segar, kemudian diblender sampai halus, saring untuk diambil airnya saja. Kemudian diminumkan bertahap ada penderita demam tinggi.

Selanjutnya : Hepatitis Makanan yang Baik dan Buruk
Sebelumnya: Unpad Pendaftaran Pascasarjana 2013 Sistem Online
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar