Jenis Makanan dan Buah yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung


Ada beberapa jenis makanan dan buah yang boleh dimakan penderita asam lambung agar proses penyembuhannya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Bahkan makanan dan buah tersebut bisa digunakan sebagai media untuk mengobati penyakit sekaligus memenuhi kebutuhan gizi serta vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Makanan yang Boleh Disantap

Salah satu jenis makanan yang boleh dinikmati oleh penderita penyakit asam lambung adalah daging namun yang kandungunan lemaknya rendah. Jika memilih daging ayam, pilih bagian dada namun kulitnya tidak ikut dimakan.

Selain itu, daging tersebut tidak boleh digoreng dan dibakar. Cara terbaik untuk mengolahnya adalah direbus. Demikian pula dengan daging sapi maupun ikan, harus diolah dengan cara yang sama. Minyak yang dipakai untuk menggoreng bisa menghasilkan lemak dan menimbulkan efek yang tidak bagus bagi penderita penyakit tersebut.

Susu juga boleh dinikmati terutama yang punya kandungan kalsium tinggi. Kandungan kalsium dalam susu mampu membuat asam dalam lambung berubah netral. Susu yang dikonsumsi tidak hanya dalam bentuk minuman namun juga dalam roti, keju dan sebagainya.

Makanan yang terbuat dari biji-bjian juga boleh disantap. Biji kacang hijau misalnya, justru bisa menyembuhkan penyakit ini dengan mudah. Caranya dapat dibuat menjadi bubur atau masakan lainnya. Hal yang sama juga berlaku untuk gandum dan outmeal serta beras. Semua jenis bahan ini punya kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

Buah-buahan yang Boleh Dimakan

Sedangkan buah yang boleh dimakan penderita asam lambung antara lain yaitu pisang. Buah ini punya kandungan kalium yang sangat tinggi. Kalium berguna untuk menyeimbangkan keasaman lambung atau ph. Buah lain yang juga punya kandungan kalium tinggi adalah pepaya. Jadi dua-duanya bisa disantap tanpa perlu merasa takut.

Apel juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit asam lambung. Karena buah yang bentuknya bundar ini punya enzim yang mampu mengubah asam dalam lambung menjadi netral kembali. Terutama sekali apel warna merah yang punya rasa lebih manis.

Buah lainnya adalah alpukat karena kadar asamnya sangat rendah. Bahkan buah tersebut punya kalori yang sangat tinggi sekaligus punya kandungan vitamin A, C, B kompleks, E dan vitamin D. Bahkan ada beberapa orang yang menggunakan bijinya untuk menyembuhkan penyakit asam lambung yang dideritanya.

Mangga juga merupakan buah yang boleh dimakan penderita asam lambung karena mengandung anti inflamasi dan antioksidan. Fungsi dari kedua jenis kandungan ini adalah menjaga lapisan perut agar kandungan asamnya tidak menjadi tinggi. Tapi tentu saja, mangga yang boleh dikonsumsi adalah mangga yang rasanya manis. Dalam hal ini mangga jenis harummanis.

Selanjutnya : Mendapatkan Aplikasi Java Twitter Terbaik
Sebelumnya: Kisah Cinta Sejati Ali dan Fatimah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar