Mengenal Buah yang Mengandung Goitrogen

Tahukah Anda buah yang mengandung goitrogen? Goitrogen merupakan suatu zat yang dapat menghambat pengambilan iodium oleh kelenjer gondok sehingga konsentrasi iodium dalam kelenjer menjadi rendah. Aktivitas dari zat goitrogen dapat bekerja pada tempat yang berlainan ketika pembentukan hormon tiroid dengan cara menghalangi pembentukan ikatan organic antara iodium dan tiroksin untuk menjadi hormone tiroid.

Zat Goitrogen

Zat goitrogen ini dapat menimbulkan kelenjar gondok yaitu dari pembesaran kelenjar tiroid. Goitrogen dalam bahan makanan yang menjadi konsumsi setiap hari akan menyebabkan zat iodium didalam tubuh tidak berguna karena zat ini merintangi absorbsi dan metabolisme mineral iodium yang telah masuk kedalam tubuh.

Zat ini juga dapat menghambat perubahan iodium dari bentuk anorganik ke bentuk organik sehingga pembentukan hormon tiroksin akan terhambat. Zat goitrogen ini terdapat pada berbagai makanan yang biasanya menjadi konsumsi kita sehari-hari, termasuk pada buah yang mengandung goitrogen dapat menyebabkan pembesaran kelenjer tiroid.

Buah yang Mengandung Zat Goitrogen

Buah yang mengandung zat goitrogen ini adalah buah jeruk, jeruk nipis dan belimbing wuluh sehingga lama kelamaan akan mengganggu fungsi dari tiroid dalam tubuh anda. Jika anda terlalu banyak mengkonsumsi buah-buahan ini maka gangguan yang akan terjadi yaitu adanya pembesaran tiroid dan menjadi gondok dalam berbagai stadium, kretin endemic yang ditandai dengan gangguan mental, gangguan pendengaran, adanya gangguan pertumbuhan pada anak dan orang dewasa.

Kelenjar tiroid yang letaknya dileher bagian depan dan biasanya menghasilakn hormone penting yaitu hormone tiroid ketika mengalami gangguan maka kelenjar ini akan membesar dan menyebabkan kesulitan menelan. Tiroid ini merupakan kelenjar kecil dengan fungsi dan peran yang sangat besar untuk mengatur metabolism tubuh. Jadi ketika terjadi masalah pada tiroid yang disebabkan banyaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat goitrogen dapat menyebabkan tumbuhnya penyakit-penyakit pada tiroid diantaranya gondok.

Tiroid ini bertanggungjawab untuk memproduksi dua macam hormone yaitu tri-iodothyronine dan tiroksin yang kedua hormone ini disekresikan ke dalam tubuh oleh tiroid melalui konversi iodium.

Proses terjadinya gondok yaitu ketika seseorang memiliki gangguan tiroid dimana hormon diproduksi terlalu banyak ataupun sedikit , pelepasan TSH (thyroid stimulating hormone) akan mengiritasi kelenjar tiroid dan menyebabkan gondok.

Walaupun buah yang mengandung goitrogen di atas sudah menjadi santapan anda sehari-hari, lebih baik mulai sekarang mencoba untuk tidak mengkonsumsinya terlalu banyak karena dapat mengganggu kelenjar tiroid anda dan menyebabkan tumbuhnya kelenjar gondok.

Selanjutnya : Indikator Adalah
Sebelumnya: Mengetahui Penyebab Kencing Merasa Sakit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...