Buat Kliping Tentang Bencana Alam


Buat kliping tentang bencana alam adalah kegiatan mitigasi bencana sekala ringan.  Indonesia adalah negara yang paling tinggi resiko terhadap ancaman bencana alam.  Geografi  Indonesia beragam dari lautan,hutan, gunung merapi dan wilayah basah / wetland.

Semua geografis menyimpan potensi bencana yang mengancam manusia. Maka dari itu perlu ada penelitian dan pemantauan karakter bencana.  Langkah pertama mengumpulkan semua data-data yang berkaitan dengan bencana alam.

Proses pengumpulan data yang paling mudah adalah membuat kliping bencana dari Koran-koran atau majalah yang memuat berbagai ulasan bencana alam.

Tips Buat Kliping Tentang Bencana Alam

Kliping tentang bencana alam  dilakukan oleh semua pihak yang berkepentingan dengan penanganan bencana alam.   Menyusun kliping bencana sama saja mendokumentasikan sebuah sejarah bencana geologis yang bernah terjadi.   Susunan kliping yang baik mampu merekonstruksi kembali kronologis dengan runtut dari awal sampai akhir.  Hingga program pemulihan korban dan rekonsktruksi tempat-tempat yang rusak akibat bencana.
Maka dari itu perlu tips khusus menyusun dokumentasi bencana melalui kliping yang diambil dari media massa. Berikut ini sejumlah tips ringkas membuat kliping :

•    Tematis

Tetapkanlah dulu tema apa yang akan diangkat menjadi kumpulan kliping. Misalnya ingin membuat kliping erupsi gunung merapi pada tahun 2010 atau tahun sebelumnya.
Tujuan menetapkan tema adalah agar memudahkan Anda tetap fokus pada objek penelitian.  Selain itu juga memudahkan menganalisa peristiwa-peristiwa berdasarkan berita.

•    Runtun

Tips kedua sebisa mungkin menyusun kliping secara runtun dari peristiwa satu ke peristiwa yang lain.  Karena keliping itu ibarat menyusun kembali kepingan-kepingan sejarah.  Jadi susun dari sejarah bencana pertama yang terdokumentasikan, hingga peristiwa terakhir.

•    Sumber Tak terbatas pada media konvensional

Memburu data untuk kliping tak terbatas pada media mainstream ( artikel Koran, majalah), Anda bisa mencari di internet atau jurnal-jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas.

•    Ulasan

Jika semua sudah disusun rapi, langkah selanjutnya Anda harus membuat catatan berupa kesimpulan akhir. Dari semua data tersebut Anda harus bisa mengambil benang merahnya.  Ini semata-mata agar kliping yang telah dibuat menjadi data mati. Pembuat klipinglah yang harus menyusun ulasannya.

Sekian buat kliping tentang bencana alam.  Semoga bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Buat Logo Lucu
Sebelumnya: Buat Camilan dari Mie Siapa Takut?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar