Buaya Terbesar di Gurun Sahara

Anda tahu sandal Crocs yang begitu populer itu? Bagi saya bentuknya agak aneh, tampak seperti buaya. Logo dari Crocs pun berbentuk buaya. Memang arti dari Croc adalah buaya, tahukah Anda bahwa julukan buaya terbesar di dunia adalah Super Croc.

Nama lain dari buaya ini adalah Sarcosuchus yang berarti daging buaya. Hewan ini merupakan genus crocodyliform yang sudah punah. Sarcosuchus merupakan buaya terbesar di gurun Sahara dengan panjang sekitar 11 hingga 13 meter dan berat sekitar 8 hingga 10 ton.

Loading...

Banyak yang menganggap Super Croc sebagai nenek moyang para buaya. Hewan ini diperkirakan hidup sekitar 110 juta tahun lalu, atau pada zaman kapur tengah. Zaman tersebut sama dengan masa ketika dinosaurus masih hidup.

Buaya purba ini merupakan predator yang sangat ganas di masa itu. Kecepatannya sekitar 40 hingga 60 kilo meter per jam. Hampir sama dengan kecepatan kendaraan pada gigi tiga.

Buaya ini tidak hanya mengejar korbannya di dalam air, tetapi juga di darat dengan kemampuan yang tidak berbeda. Jumlah gigi-giginya yang tajam dan besar lebih dari 100 buah, siap untuk mengoyak mangsanya.

Gurun Sahara adalah lokasi pertama kalinya fosil Super Croc ditemukan. Albert-Felix de Lapparent, seorang ahli paleontologi Prancis menemukan fosil ini pada pertengahan tahun 1940an dan 1950an di Nigeria.

Beberapa puluh tahun kemudian, Paul Sereno, seorang ahli paleontologi yang lain kembali menemukan sebagian besar tulang belakang dan setengah kerangka utuh dari fosil ini pada tahun 1997 dan tahun 2000.

Ternyata gurun Sahara memang di zaman dahulu kala adalah rawa tempat berdiamnya buaya raksasa. Berikut ini adalah nama-nama yang diberikan oleh para peneliti untuk jenis-jenis buaya tersebut, yaitu BoarCroc, Dog Croc, DuckCroc, Pancake Croc dan RatCroc.

Hans Larsson, seorang paleontologi dari Universitas McGill, Kanada menyatakan bahwa masing-masing buaya tersebut mempunyai tindak tanduk dan makan yang berbeda.

Ekosistem mereka pun berbeda. Setiap spesies beradaptasi terhadap ekosistem dengan cara masing-masing. Demikianlah ulasan mengenai buaya terbesar di Gurun Sahara yang dapat ditemukan oleh para peneliti.

Loading...
Selanjutnya : Dasar Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Organisasi
Sebelumnya: Cerita Nyata Buaya Raksasa di Filipina
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar