Bubur Bayi 10 Bulan

Cara membuat bubur bayi 10 bulan lebih mudah dan lebih sehat dari pada membeli bubur bayi instant yang diyakini mengandung zat kimia.  Bahan-bahan utama yang diperlukan juga hanya pakai beras atau beras merah dan sayuran segar sebagai pelengkap.

Usia balita 10 bulan adalah masa dimana sang buah hati senang bergerak, rambatan dan selalui aktif menggerakan tangan dan kakinya.  Maka dari itu diperlukan asupan makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan vitamin.

Loading...

Cara Membuat  Bubur Bayi 10 Bulan

Bubur merupakan makanan pemula bagi balita, pada usia 10 bulan biasanya balita sudah keluar gigi-giginya, walau tak lengkap.  Pada usia 10 bulan balita bisa diberi bubur yang karakternya agak kasar sedikit.  Tujuan diberi bubur agak kasar untuk melatih bayi bisa mengunyah.  Selain itu bubur mengandung nilai energi 107 per kal setiap porsinya.

Berikut ini langkah-langkah membuat bubur bayi :

Bahan-bahan

•    Beras  50 grm
•    Air  250 ml
•    Margarine   setengah sendok makan
•    Bawah putih satu siung
•    Wortel rebus setengah potong dipotong dadu
•     Daging ayam rebus / daging sapi yang digiling  satu sendok makan.
•    Brokoli rebus 20 gram

Cara membuatnya :
Beras ditanak dengan menggunakan air yang agak banyak. Kemudian diaduk-aduk hingga menjadi bubur.

Tahap kedua adalah membuat kuah kaldu bubur. Caranya rebus daging ayam atau daging sapi hingga menjadi kaldu, campurkan wortel dan brokoli bawang putih yang sudah diblender, serta margarine.  Angkat jika sudah matang.

Penyajian bubur nasi diberi kuah dan irisan wortel, brokoli dan potongan ayam. Berikan dalam kondisi dingin.

Macam –Macam Bubur Bayi

Ada banyak macam bubur untuk bayi dan modifikasi nasi tim yang bisa disajikan sebagai selingan.  Supaya balita Anda tak bosan.  Misalnya bubur beras merah  yang mempunyai kandungan energi cukup besar.  Kemudian bubur tim yang dicampuri wortel yang sudah diblender hingga halus.  Serta ada juga bubur tim campur brokoli.

Sekian ulasan membuat bubur bayi 10 bulan. Selamat mencoba.

Loading...
Selanjutnya : Bubur Bayi Usia 6 Bulan
Sebelumnya: Buaya Putih Raksasa Mitos atau Fakta ?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar