Manfaat Apa Saja yang Terkandung Pada Bubur Kacang Hijau


Jangan pernah meragukan manfaat bubur kacang hijau atau bubur kacang ijo. Selain kacang hijau yang mengandung begitu banyak vitamin terutama vitamin B, vitamin E, ada juga kandungan kalsium, dan fosfor. Manfaat vitamin bagi tubuh tentu saja sangat besar. Kulit akan menjadi cerah dan tulang pun akan kuat.

Sarapan Menyehatkan

Orang Indonesia yang mencampur beberapa bahan ke dalam bubur kacang hijau membuat masakan ini semakin mengandung banyak gizi. Tambahan tersebut misalnya, daun pandan, jahe, dan rempah lainnya. Daun pandan bermanfaat tidak hanya sebagai pengharum tetapi juga mampu menjadi zat penenang pikiran.

Jahe menghangatkan dan mempunyai efek mampu membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Bagi para pengidap rematik dan asam urat, minum air jahe ini akan meredahkan rasa sakit. Jahe diyakini sebagai pain killer yang cukup baik.

Selain pandan dan jahe, ada santan dan tambahan karbohidrat dari ketan hitam. Bahan makanan tersebut memberi tambahan vitamin yang terkandung dalam semangkuk bubur kacang ijo. Tidak jarang ada yang menambahkan roti tawar ke dalam burjo atau bubur kacang ijo-nya. Harga satu mangkuk bubur kacang ijo pun tidak mahal, yaitu sekitar 4000—5000 ribu rupiah. Bubur kacang ijo  menjadi makanan rakyat yang murah meriah.

Baik untuk Segala Umur

Penderita diabetes harus berhati-hati dalam mengonsumsi bubur kacang ijo karena banyak mengandung gula. Hal ini disebabkan kandungan gula dalam bubur kacang ijo bisa mempengaruhi tingkat gula darah. Untuk itu, para penderita diabetes tidak perlu memakan bubur kacang ijo terlalu banyak.

Bagi seseorang yang ingin mengurangi berat badan, mengkonsumsi bubur kacang ijo sebagai menu sarapan, bisa menjadi satu alternatif yang baik. Semua ada di dalam semangkuk bubur kacang ijo. Hal yang paling aman adalah membuat bubur kacang ijo sendiri. Namun, jika tidak sempat, yang dijajakan oleh para penjual juga sudah cukup baik.

Selain dapat dijadikan sebagai menu sarapan pagi, manfaat bubur kacang ijo baik bagi tubuh karena mengandung vitamin B1, kalsium, fosfor, dan lemak tak jenuh, menjadikan bubur kacang hijau juara dalam memenuhi kebutuhan manusia.

Selanjutnya : Sebutkan Ciri Ciri Pertanian Primitif
Sebelumnya: Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar