Budaya Gotong Royong


Budaya gotong royong adalah salah satu cerminan karakter masyarakat Indonesia. Gotong royong merupakan wujud dari kebersamaan dan bagian dari rasa toleransi antar manusia Indonesia.  Kebiasaan gotong royong sama sekali tak ada diluar negeri.

Semangat kerja sama merupakan warisan dari leluhur bangsa Indonesia yang diwariskan sampai sekarang dan tak pernah lekang dimakan zaman.  Patut di ingat Indonesia bisa merdeka dan terbebas dari kolonialisme Belanda salah satunya dilandasi oleh semangat gotong royong.  Dulu para pejuang bersatu padu menyamakan tekad berjuang saling bekerja sama demi satu tujuan.

Setelah Indonesia merdeka dan diakui oleh dunia Internasional, budaya bergotong royong lantas tak dilupakan sama sekali, justru dimasukan dalam salah satu ideology negara yakni  UUD 45 dan Pancasila.

Contoh –Contoh Budaya Gotong Royong

Idielogi gotong royong masuk dan meresap dalam darah manusia Indonesia sejak dia dilahirkan dan melihat masyarakat disekitar dia mencontohkan semangat bekerja sama demi kepentingan bangsa dan kalayak luas.
Berikut ini merupakan contoh-contoh sederhana dari budaya gotong royong yang ada ditengah-tengah masyarakat Indonesia.

•    Kerja bakti

Kerja bakti merupakan ciri khas budaya Indonesia.  Kerja bakti merupakan kegiatan rutin di mana seluruh lapisan masyarakat bekerja tanpa pamrih demi kebersihan lingkungan. Atau ketika terjadi bencana alam pada suatu tempat di Indonesia. Tanpa perlu diperintahkan, semangat kerja bakti ini timbul. Mereka dengan suka rela bekerja menyumbangkan tenagannya guna menolong korban bencana, menggalang donasi.

•    Belajar kelompok

Budaya bergotong royong tak sebatas beraktifitas secara fisik saja.  Kesedaran belajar berkelompok pun mencerminkan  dari gotong royong dalam artian saling menyumbang ide pemikiran. Kesedaran ingin sama-sama menggali ilmu baru demi meningkatkan keahlian dan kepintaran.  Semangat belajar kelompok biasa ditanamkan sejak masa anak-anak. Mereka belajar sama-sama di kelas, rumah atau di mushola. Kebersamaan lebih berarti dari pada belajar sendiri-sendiri.

•    Toleransi antara suku agama dan budaya

Semangat gotong royong berimbas pada manfaat positif yakni mampu meningkatkan rasa toleransi antara suku, umat beragama. Hal ini tentu menguatkan rasa nasionalisme. Sehingga bangsa Indonesia tak mudah dipecah-pecah oleh kekuatan asing.

Sekian tentang penjelasan budaya gotong royong.

Selanjutnya : Membiasakan Budaya Hidup Sehat
Sebelumnya: Budaya Betawi Jakarta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar