Membiasakan Budaya Hidup Sehat

Budaya hidup sehat adalah aksi prefentif mencegah serangan penyakit berbahaya.  Hidup sehat pangkal dari kemakmuran dan kesajahteraan.   Gaya hidup sehat sebenarnya mudah dijalankan tapi terkadang enggan terapkan.

Merubah sikap tak bisa dilakukan seketika, karena watak atau kebiasaan sifatnya bermanent dan dikendalikan dari alam bawah sadar manusia.   Untuk merubah sikap ini perlu sedikit induksi pelan-pelan.  Termasuk membiasa hidup sehat perlu pendekatan pelan-pelan dan yang paling penting harus ada sosok panutan yang bisa dicontoh.  Karena prinsip manusia itu saling mempengaruhi satu sama lainnya.

Contoh Budaya Hidup Sehat

Sakit sekarang ini biaya pengobatannya sangat mahal. Maka dari itu sebaiknya jaga kesehatan sebaik mungkin, sebab sehat itu rezeki terakhir yang diberikan Allah SWT. Bayangkan saja jika seseorang memiliki harta melimpah tapi sakit-sakitan pasti juga efeknya tak bahagia bukan? Hartanya dihabiskan untuk berobat dan terus berobat.

Lain lagi jika Anda tak memiliki harta tapi dikaruniai kesehatan prima,  tentu dengan badan sehat bisa dijadikan modal untuk bekerja mencari uang. Jadi pilih mana?

Maka bersyukurlah Anda yang bisa menghargai kesehatan. Berikut ini tips ringkas membiasakan gaya hidup sehat :

•    Buang sampah pada tempatnya

Biasakan membersihkan sampah yang menumpuk di rumah, pada tempatnya. Jangan melempar sampah di sungai, atau parit, bisa memunculkan masalah baru lagi.    Sampah yang busuk mengundang lalat, kecoa dan tikus untuk bersarang di situ.

Sering-seringlah membersihkan interior rumah, minimal sehari sekali lantai rumah disabu, debu-debu yang melekat perabot rumah dibersihkan.  Setelah itu lantai dipel dengan diskfektant.

•    Mandi sehari dua kali

Rawatlah kebersihan diri sendiri dengan rutin mandi sehari dua kali. Badan yang bersih menghindari Anda dari serangan penyakit menular seperti TBC, cacar, dan penyakit kulit. Demikian juga sebelum makan cuci tangan dengan sabun disfektant.

•    Menggunakan air bersih untuk keperluan masak

Gunakan air bersih untuk keperluan masak dan mandi. Jangan memakai air sungai atau air yang tercemar polusi.

•    Mengonsumsi makanan sehat

Faktor makanan pun harus diperhatikan, lantaran ini merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Biasakan mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan susu sebagai sumber protein dan mineral.
Selain itu biasakan berolah raga teratur guna membangun stamina tubuh agar tetap kuat.

Budaya hidup sehat merupakan tujuan pembangunan nasional.

Selanjutnya : Budaya Islam di Amerika
Sebelumnya: Budaya Gotong Royong
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading