Budaya Indonesia yang Beragam


Sebagai warga negara Indonesia, bahkan beberapa warga di dunia tahu budaya Indonesia yang beragam. Oleh karena keanekaragamannya itu, dapat dikatakan bahwa Indonesia negara yang paling kaya. Bukan dari perekonomian, namun kebudayaannya.

Coba bayangkan dan hitung, berapa banyak budaya Indonesia yang sudah terkenal maupun belum? Pasti Anda binggung berapa jumlah pastinya.

Budaya yang dimiliki Indonesia meliputi kebudayaan nasional, lokal, serta asing yang sudah lama ada di Indonesia, bahkan sebelum Indonesia belum merdeka. Menurut Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara, kebudayaan nasional merupakan puncak dari berbagai kebudayaan daerah.

Maksudnya, menegaskan hal tersebut untuk memberikan paham kesatuan kepada para masyarakat Indonesia agar dapat dirasakan perbedaannya. Ini termasuk ke dalam pemahaman Bhineka Tunggal Ika.

Dulu, sebelum UUD 1945 diamandemenkan, kebudayaan daerah juga nasional dibagi menjadi dua istilah untuk mengidentifikasikannya. Kebudayaan daerah atau bangsa merupakan berbagai kebudayaan lama yang asli dari seluruh daerah di Indonesia. Sementara itu, kebudayaan nasional artinya kebudayaan untuk seluruh bangsa Indonesia. Kebudayaan nasional yang beragam adalah sebuah unsur pemersatu bangsa Indonesia yang bercampur dengan unsur dari kebudayaan asing, serta kreasi yang baru.

Macam-Macam Budaya Indonesia
Ragam budaya Indonesia meliputi rumah adat, tarian, lagu, musik, seni gambar, seni patung, pakaian adat, seni suara juga sastra, makanan, juga film. Kita ambil dari rumah adat, ada rumah panjang, rumah joglo, dan rumah honai.
Kemudian dari tarian, ada tari pendet, tari jaipong, tari topeng, tari saman, dan tari piring. Dari lagu, ada berbagai lagu daerah, seperti Bubuy Bulan dan Es Lilin dari Jawa Barat, Gundul Pacul dari Jawa Tengah, dan Yamko Rambe Yamko dari Pulau Irian.

Dari musik, ada gamelan, angklung, dan degung. Seni patung, ada patung Garuda Wisnu Kencana dari Bali, juga patung Asmat dari Papua. Seni suara ada sinden. Kemudian beragam makanan khas daerah yang terkenal di Indonesia, seperti rendang, soto, sate, dan lain sebagainya.

Itulah budaya Indonesia yang beragam. Sebagai warga negara tentu kita harus bangga karena negara kita sangat kaya dengan berbagai macam kebudayaan yang dimiliki. Tetap lestarikan kebudayaan Indonesia agar negara kita menjadi negara yang kaya dengan kebudayaan.

Selanjutnya : Mengenal Budaya Suku di Indonesia yang Paling Unik
Sebelumnya: Akibat Bila Terjadi Hand Ball
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar