Mengenal Budaya Suku di Indonesia yang Paling Unik

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan kebudayaannya. Hal ini terlihat dari beragamnya suku di tiap daerah. Setiap suku mempunyai ciri khas tersendiri dari segi budayanya. Tidak heran, jika budaya suku di Indonesia yang paling unik dibandingkan negara lain.

Keunikan Budaya
Keunikan budaya dari setiap suku di Indonesia terlihat dari tarian, adat, sampai dengan kebiasaan sehari-hari. Adapun budaya suku di Indonesia yang paling unik adalah sebagai berikut.

Loading...

•    Telinga Panjang
Telinga panjang merupakan budaya unik milik Suku Dayak di Kalimantan Timur. Budaya ini telah diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyang. Tidak heran, jika setiap anggota suku menjalankan tradisi unik ini sebagai bentuk penghormatan kepada nenek moyang. Budaya unik ini bukan hanya dijalani oleh kaum wanita, melainkan juga kaum pria.
Bagi kaum pria, batas memanjangkan telinga adalah sampai bahu. Sementara itu, bagi kaum wanita batasnya sampai dada. Walaupun telinga panjang merupakan tradisi nenek moyang, generasi muda Suku Dayak sudah meninggalkan budaya tersebut. Hal ini dikarenakan kehidupan Suku Dayak kini sudah banyak terpengaruh oleh modernisasi.

•    Memotong Jari
Tradisi memotong jari merupakan budaya unik yang dilakukan oleh masyarakat Papua. Pemotongan jari dilakukan sebagai lambang kesedihan. Biasanya, tradisi pemotongan jari dilakukan ketika anggota keluarga meninggal dunia. Bisa saja, istri, suami, ayah, ibu, kakak, atau bahkan adik.

Bagi masyarakat Papua, pemotongan jari tersebut menggambarkan betapa sedihnya ditinggalkan oleh keluarga. Hal ini didasari karena rasa kebersamaan dan kekeluargaan satu sama lain. Ketika salah satu harus pergi karena meninggal dunia, anggota keluarga lainnya sangat kehilangan.

Tradisi pemotongan jari dilakukan dengan dua cara. Pertama, memotong jari menggunakan kapak atau pisau. Kedua, mengikatkan jari dengan tali sekencang mungkin dalam waktu yang lama. Dengan tekanan dari tali tersebut, jaringan tangan akan mati dan terpotong sendiri.

Keunikan budaya masyarakat Papua bisa dibilang mengerikan. Namun, itulah kenyatannya. Tradisi memotong jari sudah turun menurun dilakukan oleh masyarakat Papua. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, budaya tersebut ditinggalkan. Hal ini dikarenakan agama Islam mulai masuk ke wilayah Papua. Hingga akhirnya, masyarakat Papua sadar bahwa tradisi tersebut tidak sesuai dengan aturan agama.

Demikianlah artikel budaya suku di Indonesia yang paling unik. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Fungsi Cap Stempel Rumah Sakit
Sebelumnya: Budaya Indonesia yang Beragam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar