Peluang Usaha Budidaya Ayam Potong Pedaging

Budidaya ayam potong pedaging bisa dipergunakan untuk memulai bisnis. Ayam peliharaan merupakan unggas yang biasa dipelihara agar dapat dimanfaatkan bagian yang dibutuhkan untuk keperluan hidup.

Ayam potong dipelihara dan diternakkan untuk diambil telurnya. Ayam biasa pun dapat dikawin silang dengan kerabat dekatnya yang menghasilkan hibrida mandul, yang pejantannya di kenal sebagai ayam bekisar.

Loading...

Ayam ras pedaging atau disebut juga dengan ayam broiler merupakan jenis ras unggulan hasil persilangan dari ayam yang memiliki produktifitas yang tinggi. Kelebihan ayam tersebut dengan lama sampai 5-6 minggu sudah bisa dipanen. Waktu pemeliharaan yang relatif singkat serta menguntungkan maka banyak peternak baru serta peternak musiman yang bermunculan di berbagai wilayah di Indonesia.

Kemudahan dalam mempelajari budidaya ayam potong pedaging membuat peternak ayam hingga saat ini terus bertambah. Ayam terus dikembangkan di setiap negara, bahkan di Indonesia usaha ternak ayam pedaging juga banyak dijumpai di setiap provinsi Indonesia.

Peternak tidak perlu khawatir dalam menentukan pilihan, karena semua jenis strain ayam ras pedaging yang telah beredar memiliki daya produktifitas relatif sama. Jenis strain ayam ras pedaging yang beredar di pasaran seperti Super 77, Tegel 70, Lohman 202, Vdett, Bromo, dan yang lainya.

Keuntungan Ternak Ayam Pedaging

Banyak manfaat dan keuntungan yang bisa diambil dari beternak ayam ras pedaging antara lain:

  • Dapat memiliki tabungan di hari tua
  • Dapat menjadi penyedia kebutuhan protein hewani
  • Dapat memiliki kesibukan untuk mengisi waktu luang di masa pensiun
  • Dapat mendidik dan melatih keterampilan di kalangan remaja, dan masih banyak lagi

Langkah Memulai Usaha

Jika ingin memulai usaha tersebut harus memiliki lokasi yang tepat. Lokasi yang terpilih harus bersifat menetap artinya tidak mudah terganggu oleh kepentingan lain selain untuk usaha peternakan ayam ras pedaging (broiler).

Selain itu lokasi mudah terjangkau dari pusat-pusat pemasaran dan cukup jauh dari keramaian atau perumahan penduduk. Sebelum memulai usaha beternak dimulai, seorang peternak harus memahami tiga hal unsur produksi seperti manajemen pengelolaan usaha peternakan, pembibitan, dan pemberian makan ternak atau pakan.

Jika pemahaman tentang hal-hal tersebut sudah dimiliki maka dapat dipastikan usaha peternakannya akan lancar dan sukses. Oleh karena itu sangat penting bagi para peternak yang baru memulai usaha budidaya ayam potong pedaging agar lebih banyak belajar dari berbagai sumber agar lebih siap.

Loading...
Selanjutnya : Dampak dari Waduk Jatiluhur Sebagai Tempat Rekreasi
Sebelumnya: Cara Membuat Roti Enak dan Empuk seperti Roti Perancis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar